Kenapa Kawasaki Fokus Superbike dan Tidak Tertarik ke MotoGP Lagi?

Pic: KRT WorldSBK

BalapMotor.Net – Pengumuman mundurnya Suzuki dari kejuaraan dunia MotoGP membuat banyak spekulasi bermunculan. Termasuk pabrikan pengganti yang akan mengisi slot Suzuki. Namun, itu tidak akan terjadi untuk Kawasaki.

Ya, pabrikan yang identik dengan warna hijau ini lebih memilih untuk fokus di Superbike. Mereka belum tertarik untuk kembali ke MotoGP setelah 7 tahun tampil sejak 2022 sampai 2008. Semua itu pun terbayar dengan tujuh gelar dunia di WorldSBK.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Dari perspektif Kawasaki, KMC Jepang memutuskan bertahun-tahun lalu untuk fokus pada Kejuaraan Dunia Superbike untuk alasan yang baik, dan alasan itu masih berlaku sampai sekarang,” kata Guim Roda kepada media crash.net.

“Nilai merek media yang dihasilkan oleh Kejuaraan Dunia Superbike sangat bagus dan menunjukkan kualitas Kawasaki. Juga lebih mudah bagi KRT untuk mengelola sumber daya internal serta produksi sepeda jalanan dari pada mencoba dan bersaing dalam acara balap dengan sepeda yang tidak untuk dijual.” tambahnya.

“Secara teknis, Kejuaraan Dunia Superbike didasarkan pada sepeda motor produksi. Lebih masuk akal untuk balapan dengan cara ini dari pada mengembangkan sasis, mesin, atau aerodinamika baru setiap tahun, seperti yang terjadi di MotoGP ,” jelas manager Kawasaki Racing Team tersebut.

GM-helm VND Racing PARD