Kawasaki Ditolak Berlaga di MotoGP, Ini Alasannya!

Foto: WorldSBK
Yamaha

BalapMotor.Net – Pada musim balap 2021 Dorna Sports akan membuka pendaftaran pabrikan baru untuk ikut berkompetisi di MotoGP. Kawasaki dikabarkan berminat untuk kembali berkompetisi di MotoGP dengan modal kesuksesan di balap World Superbike.

Namun sebelum terjun sebagai kontestan penuh, pihak kawasaki meminta jatah wilcard dengan memakai Superbike-nya yang berlabel ZX-10RR. Namun Sayangnya hal itu ditolak oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata.

“Kuberi tahu, baru-baru ini Kawasaki memintaku untuk memberi wildcard dengan motor Superbike-nya. Aku bilang tidak, karena wildcard hanya untuk kontestan MotoGP,” kata Carmelo Ezepelata.

WorldSBK: FP2 Rea Masih Menawan, BMW Mulai Ikutan!
Jonathan Rea | Foto: WorldSBK

Ezpelata juga menegaskan, jika Kawasaki kembali ke MotoGP, cukup sulit. Kawasaki masih punya kans untuk kembali ke MotoGP, Namun syaratnya harus menggandeng salah satu tim yang sudah berkompetisi di MotoGP, layaknya Aprilia dulu yang menggandeng Gresini Racing.

“Untuk 2022, Aprilia meminta posisi pabrikan, yang tidak pernah mereka minta sebelumnya. Itu artinya akan ada 6 tim pabrikan dan begitu juga dengan tim satelitnya. Jadi, jika aku bisa mencontohkan, Kawasaki hanya bisa masuk jika menjalin kesepakatan dengan salah satu tim privateer.” kata Ezpelata.

Pastinya bakal jika Kawasaki dapat wildcard memakai ZX-10RR dikendarai Jonathan Rea yang bakal melawan pembalap-pembalap MotoGP. Dan disitu bakal di adu secara langsung motor ZX-10RR yang sudah dimodifikasi akankah mengimbangi motor MotoGP dalam balapan yang sama.

SSS Racing