Juara Dunia MotoGP Pada Musim Kelimanya di GP, Joan Mir Lebih Baik Dari Rossi, Marquez Dan Stoner

Joan Mir Jadi Juara Dunia Moto3 Pertama Yang Juara Dunia MotoGP | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Kemenangan Joan Mir (Suzuki Ecstar) pada MotoGP musim 2020 ini memang cukup bikin kejutan. Selain itu, banyak juga yang menganggap setengah hati gelar tersebut karena berbagai hal, salah satunya “tanpa Marc Marquez”.

Joan Mir yang meraih gelar juara dunia MotoGP pada usia ke-23 tahun ini ternyata mampu meraih gelar juara dunia kelas utama setelah lima musim tarung di GP. Joan Mir perdana tarung full series pada musim 2016 pada kelas Moto3.

Pada tahun 2017 Mir lantas jadi juara dunia Moto3, lalu pada 2018 Mir tarung di Moto2 dan di 2019 Mir jadi rookie pada kelas utama MotoGP. Dari data, Mir ternyata lebih baik jika dibandingkan dengan Valentino Rossi, Marc Marquez serta Casey Stoner.

SSS Racing

Ketiga pembalap superior ini ternyata baru mendapatkan gelar juara dunia MotoGP setelah memasuki musim keenam. Joan Mir jelas lebih cepat satu tahun dibandingkan dengan mereka. Joan Mir hanya kalah dengan Nicky Hayden untuk MotoGP era modern.

Nicky Hayden meraih gelar juara dunia pada musim keempatnya. Nicky Hayden sendiri langsung tarung pada kelas MotoGP setelah sebelumnya balap di AMA Superbike (Kejurnasnya Amerika).

GM-helm PARD