Jonathan Rea Ingin Bintang MotoGP Tampil di WorldSBK, Ingin Tingkatkan Persaingan dan Popularitas Kejuaraan

hadapi-balapan-di-sachsenring-jorge-lorenzo-dan-ducati-akan-buktikan-mampu-kompetitif
Jonathan Rea ingin bintang MotoGP hijrah ke WorldSBK | Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Juara dunia tiga musim berturut-turut WorldSBK Jonathan Rea, berharap ada bintang MotoGP yang tampil di kejuaraan ini, adapun hal ini untuk meningkatkan persaingan dan juga popularitas kejuaraan.

WorldSBK dalam beberapa tahun terakhir berusaha untuk tampilkan sesuatu yang berbeda, bahkan meski ada perubahan format lomba dan peraturan teknis, namun untuk soal popularitas masih kalah dari MotoGP, baik dari jumlah penonton televisi juga fans yang datang ke sirkuit.

Banyak nama pembalap yang pada akhirnya hijrah dari MotoGP ke WorldSBK dalam beberapa musim terakhir, tetapi belum ada yang berhasil meraih kesuksesan di sini, sejak Max Biaggi pada tahun 2007. Apalagi dalam tiga musim terakhir kejuaraan ini di dominasi oleh Rea, belum ada yang berhasil mematahkan dominasinya. Rea berharap ada bintang MotoGP yang akan hijrah dan mampu bersaing, agar kejuaraan ini terlihat semakin menarik.

“Ini ada kejuaraan yang keren. Kadang pembalap terbaik tidak selalu gunakan motor terbaik, dan saya merasa Superbike adalah tempat yang menakjubkan. Tapi sangat bagus jika bintang MotoGP datang ke sini. Bukan pembalap yang ingin menutup kariernya atau tak lagi balapan di MotoGP,” ujar Jonathan Rea.

“Mereka datang karena ada pembalap yang lebih baik di sini daripada tak bisa bersaing di MotoGP. Kami membutuhkan bintang MotoGP untuk datang ke sini, itu akan mengubah persepsi banyak orang tentunya, orang-orang akan menanggap Laverty, Davies dan Sykes cepat, termasuk juga saya cepat,” tambahnya.

hadapi-balapan-di-sachsenring-jorge-lorenzo-dan-ducati-akan-buktikan-mampu-kompetitif
Rea ingin pamor WorldSBK tak kalah dari MotoGP | Foto: autosport

Lebih lanjut ada rumor yang mengatakan bahwa Dani Pedrosa yang belum tentukan masa depannya bakal hijrah ke WorldSBK, atau Andrea Iannone yang beberapa kali menunjukan ketertarikannya untuk turun balapan di WorldSBK. Rea akui itu salah satu daya tarik untuk bisa meningkatkan popularitas WorldSBK.

“Ini akan jadi luar biasa, itu akan membuat Superbike jadi kejuaraan yang lebih bergengsi. Ada banyak hal yang bisa kami lakukan, tetapi tampaknya kita akan tetap menjadi kejuaraan nomor dua, kalah pamor dari MotoGP. MotoGP seperti layaknya F1,” papar Rea. [DK]

SSS Racing GM-helm