Jatuh Saat Memimpin Race GP Inggris, Johhan Zarco Salahkan Ban?

Zarco salahkan ban ? Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Start dari pole position dan langsung memimpin balapan, tentunya menjadi sebuah harapan bagi Johhan Zarco (Pramac Racing) saat race GP Inggris di sirkut Silverstone (7/8). Tetapi, pada 16 lap tersisa, Johhan Zarco malah terjatuh.

Pembalap asal Prancis ini terjatuh karena kehilangan grip roda depan saat memasuki tikungan S. Hal ini membuat Zarco kehilangan kesempatan jadi jawara sekaligus kehilangan poin karena tidak mampu melanjutkan race sampai finis.

LENKA MiniGP SSS Racing

Mengenai kecelakaan tersebut, Johhan Zarco lantas berbicara mengenai pilihan ban yang digunakannya. Zarco sendiri menggunakan ban Medium yang juga menjadi pilihan Pecco Bagnaia (Lenovo Ducati) yang jadi jawara pada balapan kali ini.

“Suhu yang hangat memaksa saya untuk menggunakan ban depan Medium. Itu ban yang bagus, Bagnaia menang dengan ban tersebut. Tetapi bagi saya itu adalah alasan untuk jatuh, karena saya selalu memiliki grip yang sedikit kurang,” terang Johhan Zarco saat presscon setelah balapan.

Zarco juga berbicara mengenai alasannya tidak menggunakan ban soft. “Saya selalu khawatir dengan ban depan yang soft, saya takut tidak bisa menyelesaikan balapan dengan kecepatan yang baik,” tambahnya.

Awalan yang cukup baik ternyata juga yang membuat Johhan Zarco cukup pede dengan ban depan medium yang digunakannya. “Saya tahu ban mediumnya dengan sangat baik, jadi saya optimis dan lap pertama juga bagus. Saya kemudian terkejut di tikungan 8 dan tentu saja saya kecewa,” ungkapnya.

GM-helm VND Racing PARD