Inilah Skenario Yang Akan Dijalanjan Jika Test Pra-Musim Sepang 2021 Tetap Berlangsung

Foto: Corsedimoto.com

BalapMotor.Net – Meskipun banyak negara di Asia sedang dilanda gelombang ketiga pandemi virus corona covid-19. Namun test pra-musim Sepang 2021 akan tetap digelar sesuai rencana awal.

SSS Racing

Test pra-musim sepang 2021 rencananya pada 14 hingga 16 Februari untuk pembalap baru dan test rider dari tim konsesi Aprilia. Sementara test IRTA dengan semua pembalap reguler dari 19 hingga 21 Februari.

Dengan tetap digelarnya test pra-musim Sepang 2021 pastinya regulasi kesehatan akan lebih ketat dibandingkan pada musim MotoGP 2020. Protokol pintu tertutup yang diketahui dari tahun sebelumnya diperketat lagi.

Setiap anggota tim harus menunjukkan tes PCR negatif sebelum keberangkatan. Kemudian, segera setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), dilakukan tes PCR lagi.

Hingga hasil negatif diperoleh, semua anggota tim dan pembalap harus menjalani karantina di hotel di bandara. Setelah itu, tim harus tetap berada dalam “bubble”. Semua tim diwajibkan untuk menyiapkan tempat tinggalnya di hotel.

Mereka kemudian dibawa dengan shuttle bus ke arena sirkuit, yang berjarak sekitar 5 km. Tidak ada yang diizinkan untuk keluar dari “bubble” ini. Semua anggota tim hanya diperbolehkan mengambil rute terpendek dari hotel ke paddock, sementara mengunjungi restoran, wisata belanja, dan sebagainya sangat dilarang.

Malah pada balapan reli Dakar, mekanik dan anggota tim bahkan tidak diperbolehkan menginap di hotel. Mayoritas konvoi Dakar harus tidur di tenda paddock. Motorhome pribadi hanya tersedia untuk pembalap tim pabrikan. Dan mereka yang tidur di hotel tidak diperbolehkan mendekati tim atau “bubble”.

“Lebih mudah di MotoGP daripada di Dakar karena dalam olahraga kami, kami tidak berpindah dari A ke B. Tetapi tetap di paddock atau di area sirkuit,” catat seorang manajer tim.

GM-helm