Honda Katakan Sulit Berikan Kontrak Tim Pabrikan Kepada Cal Crutchlow

Honda sulit untuk berikan dukungan lebih kepada Cal | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Bos Honda MotoGP Livio Suppo mengatakan bahwa memberikan bantuan kepada pembalap satelit Cal Crutchlow adalah hal yang sulit dilakukan untuk pabrikan Jepang. Pembalap LCR Honda, yang telah menang di GP Brno dan Phillip Island telah diberkan dukungan khusus atas keberhasilannya, namun sulit untuk memberikannya kontrak tim pabrikan.

Musim lalu, Cal Crutchlow menjadi pembalap yang ikut membantu dalam pengembangan RC213V yang digunakan Marc Marquez dan Dani Pedrosa, dan jadi pembalap yang membandingkan kinerja dua mesin selama tes pra-musim.

Bos tim LCR Lucio Cecchinello telah berusaha untuk memperbaharui kontrak Crutchlow melampaui musim 2017, tetapi menginginkan Honda untuk terlibat langsung. Namun, Suppo mengatakan Honda tidak bisa memberikan lebih untuk apa yang sudah dilakukan Crutchlow.

SSS Racing

“Tujuannya adalah untuk mendukung Cal secara maksimal,” kata Suppo kepada Motorsport.com. “Secara teknis, dia menerima pengobatan yang sangat mirip dengan Marc [Marquez] dan Dani [Pedrosa], meskipun meskipun ini jelas bagian dari tim pabrik yang memiliki kontrak langsung dengan kami, sulit bagi Honda untuk berbuat lebih untuk Crutchlow,” tambahnya.

Hal serupa juga mirip dengan apa yang dialami oleh Sete Gibernau, yang menjadi pembalap dari tim satelit Gresini di tahun 2004 dan 2005, yang mendapat dukungan teknis penuh dari HRC.

“Saya tak berada disana waktu itu, tetapi saya tidak berpikir gaji Gibernau dibayar oleh HRC, tapi berdasarkan [Gresini sponsor] Telefonica,” tambah Suppo. “Pada saat ini, Honda tidak berencana untuk membayar gaji Crutchlow. Kami senang dengan dua kemenangan yang diraihnya, itu juga berkat dukungan dari pabrik. Honda telah berupaya untuk memberikan dukungan teknis untuk setiap pembalapnya juga uang,” kata Suppo. (Deni)

GM-helm PARD