GasGas, Hasqvarna Dan CFMoto Jadi Pabrikan Yang Punya Kans Gantikan Suzuki di MotoGP?

Pabrikan GasGas sudah tempur di Moto2 | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Dorna Sports selaku penyelenggara gelaran balap MotoGP telah membuat pernyataan mengenai rumor mundurnya pabrikan Suzuki dari ajang MotoGP setelah menyelesaikan musim 2022 ini.

Selain mencoba mempertahankan Suzuki yang masih terikat kontrak dengan pihaknya, Dorna Sports juga sudah menyiapkan skenario lain dimana Dorna membuka peluang pabrikan lain untuk mengisi kuota grid di kelas premier MotoGP.

LENKA MiniGP SSS Racing

Lalu pabrikan manakah yang mempunyai kans untuk bisa menggantikan posisi Suzuki? Apakah Kawasaki? ataukah BMW? atau juga MC Agusta atau Triumph? Sepertinya bakal berat bagi mereka, karena untuk ikut di MotoGP dibutuhkan waktu riset yang tidak sebentar untuk menyiapkan pacuannya.

Tidak hanya membutuhkan waktu riset yang tidak sebentar, mereka juga harus menyiapkan budget lebih jika dibandingkan dengan balap di WorldSBK. Lantas siapakah yang mendekati untuk bisa masuk ke MotoGP? Sepertinya adalah pabrikan dibawah naungan dari Pierer Mobility AG yaitu GasGas, Husqvarna atau CFMoto (China).

CF Moto asal China sudah tempur di Moto3 dengan pacuan berbasis KTM

Mengapa mereka lebih mempunyai kesempatan untuk bisa tempur di MotoGP? Tentu saja karena mereka tidak perlu repot-repot bikin motor. Tinggal ambil dari basis KTM RC16 beres. Kok bisa? ya kan mereka masih satu grup dengan pabrikan KTM.

Toh di ajang Moto3, tim GasGas, Husqvarna atau juga CFMoto memakai pacuan berbasis dari KTM RC250GP. Belum lagi KTM sendiri mempunyai banyak talent pembalap bagus yang siap tempur dan kini hanya mempunyai 4 slot saja di kelas MotoGP yaitu di tim Factory dan Tech3.

Seperti dikutip dari Speedweek, KTM sendiri juga telah berencana untuk membuat tim ketiga di kelas MotoGP. “Ya kenapa tidak, sebelum kami kehilangan pembalap bagus, kami lebih memilih untuk membuat tim ketiga,” ungkap Pit Beirer selaku Direktur Motorsport KTM.

Perlu diketahui juga bahwa pabrikan GasGas menjadi pabrikan dari Pierer Mobility AG yang paling besar kansnya, karena mereka sudah turun di kelas Moto2. Kita tunggu saja deh info selanjutnya.

Hasqvarna sudah ada juga di Moto3 sejak lama | Foto : MotoGP
GM-helm VND Racing PARD