Fabio Quartararo Tak Ingin Terlalu Banyak Orang Yang Kembangkan Yamaha YZR-M1, Termasuk Valentino Rossi

Fabio Quartararo Tak Ingin Terlalu Banyak Orang Yang Kembangkan Yamaha YZR-M1 |Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Usai menjadi pembalap pabrikan Yamaha Pada MotoGP 2021 mendatang, Fabio Quartararo tak ingin kalau terlalu banyak orang yang kembangkan Yamaha M1, termasuk Valentino Rossi.

SSS Racing

Satu yang unik soal Yamaha adalah bagaimana pengembangan motor YZR-M1 ke depannya. Karena Yamaha menegaskan tak mau melepaskan peran Valentino Rossi dalam pengembangan YZR-M1 2021, meski statusnya sudah turun sebagai pembalap tim satelit.

Karena biasanya Rossi memegang peranan sangat penting dalam pengembangan motor Yamaha pada tahun-tahun sebelumnya. Lin Jarvis bahkan sudah menegaskan bahwa Rossi akan dipastikan punya peran utama dalam mencari data dan pengembangan motor musim depan.

Ternyata sebagai pembalap utama Yamaha, Fabio Quartararo tak cukup menyukai hal ini. Quartararo tak ingin Rossi memegang kendali dalam pengembangan motor.

“Kupikir lebih sedikit orang lebih bagus. Ketika terlalu banyak orang soal evolusi motor, akan membuat banyak kebingungan” kata Quartararo yang dikutip dari portal Motorsport.com.

“Aku ingin memberikan opiniku ke Yamaha, kuharap mereka mendengarkannya. Aku ingin melakukan apapun yang kubisa untuk membawa motornya ke puncak, Yamaha harus melakukannya. Kau harus paham fokusku ini,” ungkapnya.

“Kami harus punya tes pramusim yang bagus, baik aku ataupun tim tesnya. Ini akan sangat penting karena kami tak bisa mengganti mesinnya di pertengahan musim dan kami harus bekerja dalam semua aspek,” jelasnya.

“Tahun 2019 lalu kami melakukan 19 balapan di 19 sirkuit yang berbeda dan motornya bagus di hampir semua balapan. Tahun 2020 ini kami melakukan 14 balapan, di tujuh atau delapan sirkuit, tetapi hanya di tiga atau empat balapan yang berhasil dan setengahnya adalah bencana,” tegas Quartararo.

GM-helm