Fabio Quartararo Dilaporkan ke FIM Akibat Tudingan Menyalahi Aturan Test Motor

Fabio Quartararo Saat Test menggunakan Yamaha R1 |Foto: Instagram Fabio Quartararo
GM-helm

BalapMotor.Net – Per hari ini Dorna merilis satu email resmi FIM yang isinya menegaskan pengetesan motor yang bisa dilakukan oleh Pembalap Grand Prix sebelum race MotoGP 2020 digelar 19 Juli 2020 nanti.

Email trsebut berisi soal pembalap di kelas Moto3 dan Moto2 tidak diizinkan untuk melakukan test privat lebih jauh pada tahun 2020 sampai pemberitahuan lebih lanjut. Hal yang sama berlaku untuk pengendara kelas MotoGP kecuali jika mereka membalap untuk pabrikan yang memenuhi syarat untuk konsesi ( Aprilia dan KTM) .

Dikabarkan pihak Stewards MotoGP ™ FIM telah memproleh informasi tentang kemungkinan pelanggaran Peraturan Grand Prix FIM yang mencakup Latihan dan pengujian ini dan Kemungkinan pelanggaran peraturan MotoGP di mana rumornya dilakukan oleh dua pembalap.

Namun nama pembalap tersebut belum diketahui tetapi dikabarkan bahwa salah satu dari keduanya adalah Fabio Quartararo. Keduanya akan mengikuti sebuah acara hearing yang dilakukan Steward Saat GP Jerez nanti karena alasan ini.

Fabio Quartararo Saat Test menggunakan Yamaha R1 |Foto: Instagram Fabio Quartararo

Menurut Motorsport, beberapa pekan yang lalu Fabio Quartararo melakukan latihan di sirkuit Paul Ricard menggunakan Yamaha R1 yang disiapkan oleh Techsolutions. Rupanya, sepeda motor yang digunakan oleh pembalap dari tim Petronas ini disinyalir menggunakan beberapa komponen kompetisi. Khususnya yang dilarang oleh regulasi FIM yang mengatur aktivitas pembalap dalam latihan dan Familiarisasi

Dikabarkan juga oleh motorsport bahwa Salah satu tim saingan mengendus keberadaan potongan-potongan part yang ditengarai menyalahi regulasi namun dibenamkan di Yamaha R1 yang dipakai pembalap prancis ini. Sebagai akibatnya, Fabio harus muncul di hadapan FIM steward di Jerez dan memberikan penjelasan versinya tentang apa yang terjadi.

Batasan batasan pada latihan dan test privat untuk semua kelas secara tegas telah diatur dalam Pasal 1.15.1 dari Peraturan Grand Prix FIM. Termasuk perincian mesin apa yang diizinkan untuk digunakan untuk latihan dan sesi familiarisasi sirkuit yang dilakukan para pembalap

SSS Racing