Espargaro: Tampil Sebagai Rookie, Lowes Jangan Terbebani

Sam Lowes Bersama Tim Aprilia | foto: autosport
Yamaha

BalapMotor.Net – Sama Lowes diharapkan tampil tanpa beban di MotoGP musim depan sebagai rookie, kata rekan setimnya di Aprilia Espargaro. Pembalap Inggris ini akan jadi salah satu dari empat rookie yang ikut balapan di MotoGP, bersama juara Moto2 Johann Zarco, dan sesama pesaing di Moto2 Alex Rins dan Jonas Folger.

Tampil bersama dengan Aprilia Gresini musim lalu, Lowes berhasil dua kali menang di sepanjang musim 2016 dan mampu memimpin klasemen di dua kesempatan. Namun, ia gagal dalam menyelesaikan enam balapan, dan Lowes juga memiliki catatan paling sering crash di sepanjang musim 2016.

“Sam sudah tunjukkan potensinya,” kata Espargaro. “Dia pembalap berbakat, dan penampilannya di Moto2 mengesankan. Dirinya perlu lebih santai, dan dia perlu motivasi untuk benar-benar kompetitif sekarang. Dia perlu waktu, karena MotoGP bukanlah sesuatu yang mudah,” tambahnya.

Sam Lowes sudah memulai tes dengan Aprilia pada pertengahan musim kemarin, tetapi ketika awal tes resmi di Valencia dirinya terjatuh dan akhirnya tak ikuti tes Valencia karena  cedera, di Jerez Lowes kembali ikuti tes, namun Aprilia tak mau ambil risiko jumlahnya lapnya pun lebih sedikit dari Espargaro saat tes.

Tahun depan jadi musim ketujuh Espargaro ikuti MotoGP. Espargaro percaya dapat membantu Lowes untuk menjadi lebih cepat, dan yakin kalau sang rookie dapat membantu kemajuan Aprilia.

“Saya akan coba membantu dia, di masa lalu saya mempunyai hubungan baik dengan semua rekan saya, termasuk dengan Maverick hingga saat ini. Sam adalah orang yang sangat mudah bergaul seperti saya, dan saya akan mencoba membantu dia semaksimal mungkin. Ketika RS-GP memiliki tujuan untuk dapat berada di lima besar, maka pembalap tim jangan bersaing melainkan mengembangkan motor secara bersama, karena itu merupakan langkah cepat,” kata Espargaro. (Deni)

GM-helm SSS Racing