Ducati Pernah Hampir Ikut Balap F1 Lohh, Begini Ceritanya..!

Mesin V8 Dari Ducati Yang Rencananya Bakal Ikut Balap F1 |Foto: Speedweek
GM-helm

BalapMotor.Net – Ducati merupakan pabrikan motor asal Italy yang berpartisipasi pada ajang balap motor terbaik di dunia, MotoGP dan World Superbike. Namun tak banyak tau bahwa Ducati hampir ikut balap Formula 1 (F1)

Pada tahun 1961, OSCA Maserati berencana bekerja sama dengan Ducati untuk turun di ajang balap F1 dengan regulasi baru. OSCA Maserati sendiri adalah perusahaan saudara dari Maserati yang didirikan pada 1947.

Kepala teknik Ducati saat itu, Fabio Taglioni, merancang dan membangun mesin berbentuk silinder 1.500 cc Desmodromic V. Mesin Ducati V8 Formula 1 ini mampu meletupkan power sebesar 167 dk, setara dengan mesin F1 lain pada masanya.

Mesin V8 Dari Ducati Yang Rencananya Bakal Ikut Balap F1 |Foto: Speedweek

Ducati V8 F1 ini direncanakan akan digunakan oleh Osca Maserati di Formula 1 pada musim 1961 di bawah aturan baru itu. Namun anggaran OSCA Maserati semakin berkurang dan memaksa proyek F1 ditutup.

Mesin Ducati V8 F1 ini tidak pernah digunakan untuk membalap. Mesin Ducati untuk Formula 1 ini saat ini berakhir sebagai pajangan di pabrik Ducati. Mesin ini jadi satu kenangan bahwa Ducati pernah hampir menjadi bagian dari F1.

SSS Racing