Dilema KTM Tech3, Angkat Fernandez Atau Lanjutkan Petrucci?

Raul Fernandez & Danilo Petrucci | Pic: MotoGP

BalapMotor.Net – KTM telah memastikan tiga pembalap untuk kompetisi tahun 2022. Di tim pabrikan, duet Miguel Oliveira dan Brad Binder tetap berlanjut. Sementara tim satelit Tech3 telah memasukan Remy Gardner dari Moto2.

Satu kursi masih dalam pertimbangan. Iker Lecuona dan Danilo Petrucci sebagai pembalap resmi musim ini harus was-was. Keduanya tampil mengecewakan sejauh Sembilan balapan yang sudah berlangsung.

Petrucci memang sedikit lebih diunggulkan untuk bertahan. Akan tetapi, nama Raul Fernandez juga masuk menjadi kandidat yang cukup kuat. Nah, GP-Inside telah merangkum pro dan kontra diantara Petrucci dan Fernandez. Siapa yang lebih pantas?

Danilo Petrucci | Pic: MotoGP
SSS Racing

Hasil Danilo Petrucci tidak sesuai standar. Pembalap Italia itu masuk 10 besar dua kali saja dan tidak pernah lolos Q2. Sementara Raul Fernandez membuat kesan yang bagus sebagai debutan di Moto2. Dia sudah juara dan menempati klasemen kedua.

Melihat faktor usia, Danilo Petrucci sudah 31 tahun dan hasilnya semakin menurun. Raul Fernandez berusia 21 tahun dan sedang naik daun. Kalau melihat data tersebut, Raul Fernandez bisa lebih diunggulkan.

Raul Fernandez | Red Bull KTM Ajo

Namun, Danilo Petrucci juga masih punya harapan. Dia baru saja naik KTM RC16, setelah enam musim di Ducati. Dia belum punya waktu untuk beradaptasi dengan motor dan menyesuaikannya seperti yang dia inginkan. Dia layak mendapatkan tahun kedua.

Sedangkan Raul Fernandez akan merayakan ulang tahunnya yang ke-21 pada bulan Oktober, dan masih punya waktu untuk pergi ke MotoGP. Musim kedua di Moto2 akan memungkinkan dia untuk mendapatkan pengalaman dan bahkan lebih mempersiapkan diri untuk pindah ke kelas utama pada tahun 2023.

Mencopot Danilo Petrucci setelah hanya beberapa bulan kontrak juga akan mengirimkan sinyal yang salah, bahwa pabrikan yang tidak memberikan waktu kepada pembalapnya untuk menjinakkan motornya dan membuktikan dirinya di tahun kedua.

GM-helm PARD