Diguyur Hujan Deras, Race (2) WSBK Qatar Resmi Dibatalkan, Musim Pun Berakhir

diguyur-hujan-deras-race-2-wsbk-qatar-resmi-dibatalkan-musim-pun-berakhir
Race (2) WSBK Qatar dibatalkan akibat kondisi trek yang dianggap membahayakan pembalap | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Hujan deras mengguyur Losail International Circuit, hal ini membuat genangan air yang tinggi di trek. Kondisi licin seperti ini akan membahayakan para pembalap, dan ini berisiko banyaknya terjadi crash di sepanjang balapan.

Race Direction pun langsung adakan pertemuan untuk memutuskan ini. Meskipun sebelum Race (2) dimulai, World Supersport sudah melangsungkan balapannya lebih dulu, namun kondisi genangan air meninggi setelah itu. Alhasil, Race (2) pun dibatalkan karena tak layak untuk motor WorldSBK.

diguyur-hujan-deras-race-2-wsbk-qatar-resmi-dibatalkan-musim-pun-berakhir
Terdapat banyak genangan di trek | Foto: worldsbk
LENKA MiniGP SSS Racing

“Setelah balapan World Supersport, komisi keselamatan (FIM, Dorna WSBK Organization dan pembalap SBK) adakan pertemuan. Karena adanya peningkatan genangan air, serta mempertimbangkan perbedaan adanya daya tahan ban motor WorldSBK dengan WorldSSP, dengan ini diputuskan bahwa balapan tidak layak berlangsung karena kondisi ini,” bunyi pernyataan Race Direction.

Batalnya Race (2) WSBK Qatar membuat Jonathan Rea tak bisa pecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim sepanjang masa, kini raihannya sama dengan milik legenda WSBK Doug Polen dengan 17 kemenangan dalam satu musim. Catatan rekor milik Rea harus pun terhenti.

WSBK 2018 pun berakhir, menempatkan Jonathan Rea sebagai juara dunia sekaligus berada di puncak klasemen dengan keunggulan poin yang telak, Chaz Davies berhasil pertahankan posisi runner up, sementara itu Michael van der Mark yang mampu tampil apik menempatkannya di posisi ketiga klasemen akhir. [DK]

GM-helm VND Racing PARD