Dianggap Menganggu Quatararo, Maverick Vinales Dihukum Turun 3 Posisi Start

Maverick Vinales. |Foto: MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net-Setelah tampil memukau dan mendapatkan posisi ke 3 di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya. Maverick Vinales mendapat hukuman turun 3 posisi start karena dianggap menganggu Fabio Quatararo di akhir sesi kualifikasi ke 2. Lalu apa penyebabnya hingga Vinales dihukum turun 3 posisi start.?

Pembalap Yamaha Monster energy tersebut melakukan selebrasi, atau lebih tepatnya wheelie ketika Fabio Quatararo sedang mencari waktu tercepat di akhir sesi kualifikasi ke 2. Meskipun insiden tersebut tidak menyebabkan Quartararo bersenggolan dengan Vinales dan tidak berpengaruh terhadap pembalap Prancis tersebut. Karena Quatararo sudah mengunci waktu tercepat untuk mendapatkan posisi pole.

Setelah berdiskusi dengan kedua pembalap, Race Direction FIM MotoGP akhirnya memutuskan untuk menghukum Vinales dengan turun tiga grid start. Menurunkannya dari baris depan di urutan ketiga, turun ke urutan ke enam.

“Saya tidak tahu harus berkata apa, saya pikir saya sudah melewati garis finish dan melihat bendera finish dikibarkan. Jadi saya melambaikan tangan kepada orang-orang dan melakukan wheelie. Saya tidak menyadari Fabio Quatararo datang, saya terlambat melihatnya. Saya menyayangkan keputusan Race Director karena saya merasa sudah melewati garis finish dan melihat bendera finish dikibarkan ” Ungakap Vinales pasca sesi kualifikasi MotoGP Catalunya

Dengan diputuskan Vinales bersalah maka beberapa pembalap di belakang Vinales akan diuntungkan. Seperti Morbidelli akan bergabung dengan pebalap Yamaha Petronas SRT Quartararo di barisan depan. Pembalap Yamaha Monster Energy Valentino Rossi akan naik ke urutan keempat dan Andrea Dovizioso naik ke urutan kelima. |Fajar

SSS Racing GM-helm