Cederanya Belum Sembuh, Yamaha Putuskan Michael van der Mark Gantikan Rossi di Aragon

Michael van der Mark gantikan posisi Rossi di GP Aragon | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Kondisi Rossi yang masih membutuhkan waktu untuk pulihkan cedera pada tibia dan fibula kaki kanannya, membuat pihak Yamaha Movistar cari pembalap pengganti sementara, akhirnya Yamaha secara resmi umumkan Michael van der Mark jadi pengganti Rossi di Aragon.

“Saya ikuti perkembangan kecelakaan Rossi pada hari Kami, 31 Agustus, dan Yamaha tidak cari penggantinya untuk hadapi GP San Marino, namun di GP Aragon, tim tersebut wajib menurunkan dua pembalap,” kata kata direktur manajemen Yamaha Racing, Lin Jarvis.

Valentino Rossi membutuhkan waktu pemulihan cedera sekitar 30-40 hari, dan itu artinya saat GP Aragon kondisi Rossi belum fit 100%. Yamaha nampaknya tak mau ambil risiko, dengan memaksakan Rossi untuk turun balapan, meski sang pembalap sendiri ingin sekali bisa balapan di Aragon.

Yamaha

“Ini hampir tidak mungkin bagi Valentino untuk segera fit dan siap balapan di Aragon, Yamaha akhirnya memutuskan untuk mencari pengganti yang mampu mengimbangi Rossi dari semua pembalap yang di kontrak Yamaha untuk kejuaraan,” tambahnya.

“Sebelumnya Katsuyuki Nakasuga menggantikan Lorenzo pada tahun 2011, kemudian Alex Lowes gantikan Bradley Smith tahun 2016, kami putuskan memberikan kesempatan kali ini kepada Michael van der Mark. Tidak mudah gantikan Rossi, tetapi kami percaya Michael mampu melakukannya dengan baik. Kami akan berikan dukungan kepadanya, dan kami terus berharap Rossi cepat pulih dan kembali ke YZR-M1 untuk balapan,” paparnya.

Michael van der Mark senang atas kesempatan yang diberikan untuk turun di MotoGP. “Saya senang untuk bisa naik YZR-M1 di GP Aragon. Saya belum pernah naik motor ini sebelumnya, ini akan menjadi pengalaman baru tentunya bagi saya. Saya penasaran bagaimana rasanya kendarai mesin ini, ini tidak mudah tentunya jalani sesi latihan resmi tanpa pengujian, tetapi saya ucapkan terima kasih kepada Yamaha atas kesempatan ini,” kata Michael van der Mark.

Kehadiran Rossi di MotoGP sangat diharapkan oleh banyak pembalap, dan Valentino Rossi harus siap untuk kembali balapan di GP Motegi, yang dimulai 42 hari setelah alami kecelakaan. [Deni]

SSS Racing GM-helm