Argentina Masuk Kalender WorldSBK 2018, Sirkuitnya Baru Lagi

Argentina Masuk Kalender WorldSBK 2018, Sirkuitnya Baru Lagi
CEO Dorna dan CEO OSD Group saat umumkan Argentina masuk kalender WorldSBK 2018 | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Sirkuit El Villicum di San Juan, Argentina, masuk kalender WorldSBK musim 2018. Didesain oleh arsitek lokal, Leonardo Stella, sirkuit yang berlokasi dekat kota Albardon ini sedang dalam proses pembangunan.

Pengumuman ini berbarengan dengan MotoGP Argentina, di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Sirkuit ini masih dalam proses pembangunan, yang telah dimulai sejak Oktober 2016, dengan masuknya Argentina menjadi tuan rumah WorldSBK, maka jadi yang pertama WorldSBK berlangsung di Amerika Selatan.

Panjang sirkuit El Villicum adalah 4,2 km, serta terdiri dari 19 tikungan (11 tikungan kiri dan 8 tikungan kanan), dengan lintasan lurus mencapai lebih dari 1km. Sirkuit ini terletak di Rute 40, atau tepatnya di jalan sepanjang 5,000 km yang membentang dari utara ke selatan Argentina.

SSS Racing

“Suatu kebanggaan besar buat kami semua di Dorna umumkan balapan baru WorldSBK di Argentina,” kata CEO Dorna Sports S.L., Carmelo Ezpeleta, dalam konferensi pers di Termas de Rio Hondo akhir pekan lalu.

Layout sirkuit El Villicum, Argentina | foto: gpone

“Penting harus dikatakan, bahwa balapan ini sangat ditunggu. Tapi disini adalah hari istimewa bagi kami, karena untuk pertama kalinya dalam 25 tahun sejarah kejuaraan, WorldSBK akan datang ke Amerika Selatan. Penting dikatakan, bahwa dua kalender kami, MotoGP dan WorldSBK, hanya 10 negara di dunia yang menjadi tuan rumah dua kejuaraan ini,” tambahnya.

“Balapan WorldSBK kali ini akan jadi event yang fantastis. Saya melihat gambar Sirkuit Villicum dan berharap untuk mengunjunginya segera. Terima kasih kepada Provinsi San Juan atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada kami,” tegas Carmelo Ezpeleta.

Bagi bos WorldSBK ini merupakan hal yang perlu disambut positif, agar WorldSBK menjadi semakin populer dan berkembang. “Rencananya Argentina akan menggelar balapan WorldSBK pada akhir musim depan. Kami sedang membahas digelar pada bulan Oktober, tetapi ini akan dikonfirmasikan kemudian,” ujar Direktur Eksekutif WorldSBK, Daniel Carrera. (Deni)

GM-helm PARD