Yamaha Recall New YZF-R3, Ini Penyebabnya

Yamaha YZF-R3. |Foto By yamaha USA
Yamaha

BalapMotor.Net – Pabrikan garputala terpaksa melakukan recall pada generasi terbaru YZF R3. Ternyata tuas rem yang rapuh menjadi komponen yang berpotensi membahayakan keselamatan. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) recall harus dilakukan karena tuas rem berpotensi patah ketika ditarik secara ekstrim.

Komisi keselamatan berkendara di Amerika yakni National Highway Traffic safety administration (NHTSA) mengeluarkan perintah resmi recall terhadap Yamaha YZF R3 dengan nomor kampanye 19V341000. Pemanggilan ulang tersebut khusus untuk Yamaha YZF R3 versi terbaru 2019 karena berpotensi membahayakan pengendara. Dalam recall tersebut mereka menemukan bahwa perangkat atau komponen yang digunakan pada tuas rem motor buatan Indonesia tersebut rapuh dan berpotensi patah.

Komponen tersebut akan diganti secara gratis tanpa dipungut biaya. Recall sendiri secara resmi akan dimulai pada tanggal 16 mei 2019. Tuas rem Yamaha YZF R3 yang kena recall menggunakan kode komponen K3 9A 16 serta K4 9A 16.

Bisa dipastikan bahwa Yamaha YZF R3 Amerika merupakan buatan Indonesia dan hal ini diakui oleh Antonius Widyantoro manajer publik relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) via Otomotif.

“Kondisi tersebut hanya untuk pasar ekspor. Sedangkan domestik sejauh ini belum ada masalah,” ucap Anton (14/5/2019). Saat ditanya apakah pihak YIMM telah memeriksa masalah tersebut pada unit Yamaha R25, Anton enggan untuk menjawab. “Hanya itu yang bisa saya infokan mas,” tutupnya yang dikuti dari otomotif.net

Recall memang merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan terhadap konsumen. Oleh karena itu kita patut acungin jempol. | Fajar

SSS Racing GM-helm