Part Ini Sering Diabaikan, Padahal Bisa Sebabkan Overheat

Part Ini Sering Diabaikan, Padahal Bisa Sebabkan Overheat
Sering Diabaikan, Part Ini Bisa Sebabkan Overheat | Foto : Oprek Mania

BalapMotor.Net – Untuk mesin motor dengan pendinginan sistem cairan alias liquid cooled seperti Yamaha V-Ixion, CB150R hingga Kawaskai Ninja 250R bisa juga rentan overheat.

Penyebabnya lantaran thermostat tidak mau membuka. Kejadian ini lantaran thermostat jarang sekali dicek.

Padahal thermostat berfungsi sebagai alat pengatur sirkulasi cairan pendingin. Ketika mesin belum meraih suhu kerja, cairan dari radiator tidak dialirkan ke radiator, tapi berputar di dalam mesin saja.

SSS Racing

Ketika sudah mencapai suhu ideal, thermostat akan terbuka dan cairan dari mesin mengalir ke radiator. Jika thermostat tidak mau terbuka, otomatis, coolant akan terus menerus berputar di dalam mesin. Tanpa terpaan udara dari radiator, makan mesin akan panas.

Gejala kerusakan thermostat paling terlihat ketika indikator temperatur tidak normal. Jika awalnya jarum hanya mentok di tengah, kini bisa lebih. Itu bisa jadi pertanda thermostat macet.

Water pump tetap berputar memompa cairan untuk memaksa bersirkulasi, namun jalur tertutup oleh thermostat. Temperatur dan tekanan cairan pendingin semakin tinggi. Cairan dari mesin tersebut akhirnya dikeluarkan ke reservoir.

Oleh sebab itu lakukan pemeriksaan khusus pada thermostat tiap 10 ribu kilometer. Hal ini dilakukan untuk pencegahan terhadap thermostat macet dan berakibat mesin overheat. Jadi kita harus mencegahnya. Oprek

GM-helm PARD