MotoGP Austin 2014 : Podium Yang Sangat Istimewa Buat Dovisioso Dan Ducati, Diuntungkan Regulasi?

BalapMotor.Net – Stelah tahun lalu tanpa podium dan terakhir bisa naik podium saat ditunggangi Valentino Rossi di 2012, kini pabrikan asal Italia Ducati bisa merasakan podium lagi di MotoGP Austin 13/4. Andrea Dovisioso yang juga asal Italialah yang bisa memberikan angin segar di atas kemaraunya prestasi dari pabrikan yang identik dengan warna merah ini.

Setelah bertarung keras  melawan Stefan Bradl dari LCR Honda untuk memperebutkan posisi ketiga, akhirnya Dovisioso  bisa menunjukan bahwa Ducati masih  ada. Tentu saja posisi ketiga mungkin biasa saja, namun ditengah kemaraunya prestasi Ducati itu pasti bisa menambah semangat dari pabrikan yang tidak memproduksi motor bebek ini hehe.

Ducati Mulai Naik Kembali
Ducati Mulai Naik Kembali

Tidak hanya Dovisioso saja yang nampak tampil menawan di GP Austin kemarin, namun rekan setimnyta Cal Crutchow dan juga rider Pramac Ducati Andrea Iannone juga tampil menawan, cuma belum beruntung saja. Crutchlow harus merasakan rasanya mencium aspal Austin sampai mengalami cedera di jari tanganya dan Iannonne mengalami masalah yang sama dengan Valentino Rossi rider Movistar Yamaha yaitu maslah ban depan.

SSS Racing

Meningkatnya prestasi Ducati di 2 seri ini tentu saja memberikan banyak pertanyaan, apakah prestasi mereka diuntungkan oleh regulasi yang memberikan kelonggaran buat Ducati. Regulasi Factory 2 yang membolehkan Ducati bisa menggunakan bahan bakar lebih banyak yaitu 24 liter serta pergantian mesin lebih banyak atau seperti pada kelas open, namun ECU Ducati bebas seperti kelas Factory, nah apakah karena itu atau bagaimana nih menurut kalian.

Perlu ditambahkan, Ducati bisa mendapatkan kelonggaran tersebut yaitu karena adanya peraturan baru yang membolehkan seperti itu untuk pabrikan yang belum pernah menjuarai balapan pada seri sebelumnya. Nah buat tahun depan kira-kira Ducati masih diberi kelonggaran seperti ini atau tidak yah balap mania, kita tunggu saja.

Penulis : Didit  |  Foto : Crash

 

GM-helm PARD