LAPORAN LANGSUNG MOTOGP MOTEGI 2013 : PENONTON TAHUN INI MEMBLUDAK, KATO TETAP DIKENANG PLUS BONUS GALERY

GM-helm

Balap-Motor.com   Jepang merupakan negara di benua Asia yang paling maju soal urusan sepeda motor termasuk tentang balap motornya juga. Namun sayang banget di beberapa tahun ini MotoGP mampir ke negara matahari terbit ini hanya sekali saja, dan pembalap yang dari Jepang yang jadi lokal hero juga sedikit. Menilik dari gelaran MotoGP Motegi Jepang pada minggu lalu 27 Oktober 2013, balap-motor.com melalui reporter Aziz Zurohim yang menonton langsung gelaran MotoGP yang merupakan seri sebelum seri terakhir ini begitu ramai penonton sampai antrian buat masuk dan antre buat makanpun panjang. Antusiasme seperti ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan oleh persaingan di kelas MotoGP memang ditahun ini benar-benar mantap.


Dengan tiket masuk paling murah sekitar 9000¥/ kira-kira 1 jutaan nyampe 16000¥/1,8jt. itu untuk yang tribun biasa, kalau buat yang vip harga tiketnya sampai diatas 3jt, para penonton yang datang bisa disuguhkan balapan motor yang super duper kencang. Meskipun sirkuit Twin Ring Motegi berada lumayan di pedalaman namun itu tidak menyurutkan para penonton untuk datang melihat langsung idolanya balapan. Sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Tochigi dan mengunakan alat transportasi bus maupun kereta api, itupun kereta api kluthuk alias kereta api jadul.

Seperti di balapan pada umumnya di MotoGP Motegi kemarin juga ada tempat buat stand memamerkan produknya baik dari motor ataupun souvenir dari produk maupun pembalap. Dan ternyata di MotoGP Moteg kemarin ternyata banyak juga loh para penonton yang berasal dari Indonesia, menurut pengamatan balap-motor.com ada ratusan penonton yang orang Indonesia, mereka kebanyakan adalah para pekerja asal Indonesia yang memang sedang bekerja di Jepang. Kebayang kan kalau MotoGP mampir di Indonesia, butuh tribun berapa tuh.


Sementara itu untuk para pengemar balap di Jepang ternyata nama Daijiro Kato masih melekat dihati mereka, terbukti banyak sekali para penonton yang berbaju seragam dengan tema Daijiro Kato yang memang semasa hidupnya merupakan pembalap yang digadang-gadang buat jadi sang juara dunia kelas MotoGP, namun sayang nasibnya belum baik, dia meningal dunia saat balapan seri pertama MotoGP di Suzuka Jepang pada tahun 2003. Stand souvenir tentang Daijiro Kato juga ramai dijubeli pengunjung. Selain fans Daijiro kato fans Rossi, Marquez, Lorenzo dan Dani Pedrosa juga lumayan banyak yang datang menonton gelaran tersebut. Kapan yah MotoGP bisa mampir ke Indonesia lagi, hmmm pasti tribunya mpe mengsod karena penuh sesak penonton. AZ


SSS Racing