Bisa Fatal!!! Nih Akibat Bonceng Anak Di Depan

Moment Cal Crutchlow saat membonceng anaknya di depan

BalapMotor.Net – Banyak dari masyarakat di Indonesia yang membawa anak-anak dengan memboncengnya didepan. Ternyata hal tersebut tidak baik dan dapat membahayakan lho gaes.

Seperti diungkapkan oleh Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta. Iqbal mengatakan bahwa sebaiknya saat membawa anak-anak dibonceng di tengah atau di belakang.

Dengan membonceng didepan maka ada beberapa hal negatif akibat dari membonceng anak di depan. Yang pertama adalah dimana nantinya anak-anak akan jadi tameng atau pelindung dari terpaan angin. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan.

SSS Racing

Lalu saat anak usianya menjelang 11-12 tahun maka kebiasaan dibonceng didepan akan membuat rasa ingin mencoba mengendarai sepeda motor tinggi. Ini membuat sang anak nantinya akan berkendara sepeda motor sebelum waktu yang diperbolehkan di negara kita yaitu 17 tahun.

Yang ketiga adalah pada saat pengendara melakukan pengereman/manuver mendadak, dia tidak akan fokus ke anaknya dan lebih fokus ke stang atau kemudi. Wah ini bisa berakibat fatal gaes.

Muhammad Ali Iqbal juga memberikan tips aman membonceng anak. “Sebaiknya bisa membonceng anak dengan menggunakan sabuk pengaman motor atau juga dengan menggunakan selendang,” terangnya.

GM-helm PARD