#RaceStory Gilang Pranata Sukma : Dari Pembalap Penuh Prestasi Sampai Jadi Mekanik & Pelatih Balap MiniGP

Gilang Pranata Sukma saat memberikan arahan kepada anak didiknya
Yamaha

BalapMotor.Net – Nama Gilang Pranata Sukma bagi balap mania pastinya tidak asing lagi kan. Pembalap asal Sleman, DIY ini merupakan salah satu pembalap terbaik Indonesia. Prestasinya tidak hanya di kancah balap nasional saja, tetapi sampai balap Asia.

Gilang Pranata Sukma sendiri merupakan sang juara Asia kelas UB110 Asia Road Racing Championship (ARRC)musim 2006 bersama pasukan Yamaha Pertamina ART. Gilang yang saat ini masuk di usia 30 tahun sendiri sudah pernah bergabung pada tim-tim balap papan atas Indonesia.

Mulai tahun 2016 sendiri, Gilang ternyata mulai menekuni bidang lain selain menjadi pembalap. Gilang mulai membuka sekolah balap MiniGP dan mencoba untuk menjadi mekanik khusus motor MiniGP. Selain itu, Gilang juga membuka sekolah balap dengan titel GPStar dan saat ini tim tersebut terus menelurkan para pembalap cilik penuh bakat.

Gilang Pranata Sukma saat podium ARRC tahun 2010 | Foto : ARRC

Tidak hanya itu saja, Gilang sendiri saat ini menjadi salah satu mekanik MiniGP papan atas Indonesia. Mesin bikinan Gilang sudah dipakai oleh cukup banyak pembalap MiniGP di berbagai wilayah di Indonesia.

Mengenai bagaimana awal mula Gilang nyemplung di dunia balap MiniGP sendiri, Gilang bercerita banyak kepada penulis nih gaes. “Awalnya memang saya sengaja buat tim dan sekolah balap anak-anak. Waktu itu belum tau kendaraan apa yang mau dipakai.” ungkap Gilang Pranata Sukma.

Aksi Gilang Pranata Sukma saat tarung di ARRC Qatar 2010

“Sebelum putuskan bikin sekolah balap motor besar, muncul duluan motor kecil mas. Saya memilih untuk motor kecil, karena anakku bisa ikut latihan,” tambah Gilang Pranata Sukma yang juga terus mendidik anaknya Bintang Pranata Sukma yang saat ini merupakan salah satu pembalap MiniGP berprestasi.

“Kalau menjadi mekanik MiniGP sendiri, kan pembalap tau mesin, jadi wajar tau durasi-durasi, jadi ya bikin mesin sendiri.” tambah Gilang Pranata Sukma yang saat ini tinggal di kota Tangerang, Banten karena istrinya yaitu Ophie memang asli Tangerang.

Gilang Pranata Sukma saat di Honda Yonex 2014

Saat ini sendiri, Gilang mempunyai 7 anak didik yang aktif. “Saat ini anak-anak ada 7 mas, yang lainnya sudah ga aktif di MiniGP karena sudah besar dan harus naik motor gede,” ungkap Gilang Pranata Sukma. Perlu diketahui memang balap MiniGP menjadi awalan bagi anak-anak untuk belajar balap sebelum naik jenjang.

Nah, bagi balap mania yang ingin menitipkan anaknya untuk berlatih balap MiniGP atau mau memesan mesin balap MiniGP dengan spek juara, bisa langsung hubungi Gilang Pranata Sukma di nomor WA : 082123421818.

Gilang Pranata bersama para anak didiknya | Foto : Spesial

Nah buat yang penasaran juga bagaimana kiprah balap Gilang Pranata Sukma di dunia balap langsung pantengin saja dibawah ini yah, salam #JadilahJuara. | Luvo

2006-2007 : Yamaha Pertamina ART ( Motoprix & ARRC)
2008 : Yamaha GRM Rextor (Motoprix)
2009 : Yamaha Trijaya (Motoprix)
2010 : – Yamaha IRM Ridlatama yang saat ini menjadi Bahtera Racing Team (Indoprix)
– U Mild (ARRC)
2011 : Yamaha TJM (Indoprix & IRS)
2012 : Honda Dumasari (Motoprix)
2013 : Honda Putra Rinjani
2014 : Honda Yonex (Motoprix)
2015-2016 : Honda Asia
2017 : Honda Loyal Tech (Motoprix)
2018- Sekarang fokus di sekolah balap dan tim balap MiniGP.

SSS Racing GM-helm