Mengenang Ben “Elbowz” Spies, Rider Istimewa Amerika Yang Pensiun Dini

Aksi Ben Spies saat membela tim pabrikan Yamaha di MotoGP, foto : MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Ben Spies merupakan salah satu pembalap asal negeri Paman Sam Amerika yang prestasinya cukup cemerlang pada kejuaraan dunia baik WorldSBK maupun MotoGP. Pembalap kelahiran Tennessee, Amerika 11 Juli 1984 atau saat ini berusia 34 tahun memilih pensiun dini pada 2013 karena cedera.

Ben Spies pensiun setelah tidak dapat mengikuti cukup banyak race pada musim balap 2013 bersama tim Ignite Pramac Ducati. Padahal tahun 2013 tersebut awal dimana Ben Spies berpindah pabrikan dari Yamaha ke Ducati.

Beberapa kali kecelakaan di musim 2012 saat masih membela tim Factory Yamaha membuat Ben Spies yang terkenal dengan gaya balap elbow down ini seperti cukup ringkih di 2013. Setelah mengikuti dua race awal musim 2013 di Qatar dan Texas, Ben Spies absen pada dua seri selanjutnya di Jerez dan Le Mans.

Ben Spies terakhir kali tarung di MotoGP pada 2013 bersama Pramac Ducati

Lalu tampil lagi pada seri Mugelo, tetapi Spies gagal start dan absen di empat seri selanjutnya.Tampil kembali di Indianapolis, Spies kembali kecelakaan dan akhirnya membuatnya absen pada balapan tersebut. Setelah lama absen, akhirnya pada Oktober 2013, Spies memutuskan untuk pensiun dini.

“Aku tidak pernah memimpikan bahwa aku akan mencapai level sukses yang aku dapatkan selama 20 tahun membalap, tapi waktu untuk berhenti sudah datang dan aku melakukannya dengan sangat sedih,” ungkap Spies seperti diwartakan Autosport pada saat itu.

Ben Spies memulai kariernya di AMA Superbike | Foto :MotorcycleUSA
Karier Ben Spies

Ben Spies memulai balap professional dengan turun di ajang AMA Superstock, AMA Supersport, dan AMA Formula Extreme sekaligus pada tahun 2002 atau pada saat itu Ben Spies masih berusia 18 tahun dan mampu naik podium sekali pada musim tersebut di kelas Superstock.

Pada musim 2003, Spies turun pada tiga kelas lagi di ajang kejurnasnya Amerika tersebut. Kelasnya sendiri adalah kelas AM Superbike, AMA Supersport dan AMA Formula Extreme. Spies mampu menjadi juara umum di kelas AMA Formula Xtreme.

Setelah itu, Spies selalu menjadi pembalap barisan atas gelaran AMA Superbike. AMA sendiri merupakan singkatan dari American Motorcyclist Association atau IMInya sono. Hebatnya, Ben Spies mampu menjadi juara umum AMA Superbike pada tiga musim berturut-turut pada 2006, 2007, dan 2008 sebelum pindah ke gelaran WorldSBK pada 2009.

Ben Spies saat wildcard MotoGP di 2008 bersama Rizla Suzuki | Foto : Crash
Wildcard MotoGP

Pada tahun 2008 dimana Ben Spies tarung di ajang AMA Superbike dengan pabrikan Suzuki, Ben Spies mendapatkan kesempatan untuk tampil wildcard pada gelaran MotoGP bersama tim Rizla Suzuki. Spies turun pada tiga putaran yaitu di Silverstone, Inggris, Laguna Seca dan Indianapolis.

Spies mampu finish di posisi ke-14 di Silverstone, ke-8 di Laguna Seca dank e-6 di Indianapolis.Perlu diketahui, tampil di Silverstone sendiri, Ben Spies menggantikan Loris Capirossi yang cedera.

Ben Spies juara dunia WorldSBK 2009 | Foto : IanAw
Juara Dunia WorldSBK 2009

Dengan berbagai prestasinya, Ben Spies langsung ditawari oleh tim pabrikan Yamaha untuk tarung di ajang WorldSBK pada musim 2009. Pada musim pertamanya, Ben Spies yang bertarung ketat dengan Noriyuki Haga mampu menjadi juara dunia WorldSBK.

Pada tahun 2009 sendiri, setelah menjadi juara dunia WorldSBK, Spies mendapatkan kesempatan untuk tampil wildcard di MotoGP Valencia. Spies mampu finish di posisi ke-7 meskipun start dari grid ke-12.

Ben Spies bersama tim pabrikan yamaha
Tiga Musim Bersama Yamaha di MotoGP

Prestasinya di WorldSBK yang menawan tentunya membuat tim di ajang MotoGP tertarik. Akhirnya Ben Spies dipinang oleh Yamaha Tech 3 dan menjadi rekan duet James Toseland yang juga lulusan WorldSBK. Pada musim pertamanya di MotoGP, Spies mampu menduduki klasemen ke-6 dengan dua kali podium yaitu ketiga di Silverstone, dan runner up di Indianapolis.

Pada tahun 2011, Spies ditarik oleh tim Yamaha Factory untuk menggantikan Valentino Rossi yang berpindah ke Ducati. Berduet dengan Jorge Lorenzo, Spies mampu menduduki klasemen akhir ke-5 dengan  satu kali juara dan tiga kali podium.

Berlanjut di tim Factory Yamaha pada 2012, ini awal mula Ben Spies sering sekali terjatuh dan membuatnya didepak dan pindah ke Pramac Ducati. Berlanjut di 2013 seperti yang diceritakan penulis pada awal tulisan ini.

Saat ini, Ben Spies menikmati kehidupannya dengan istri dan kedua anak perempuannya. Tetapi Ben Spies tidak lantas meninggalkan hobinya di balap. Ben Spies masih aktif bermain Motocross. Spies juga mempunyai tim balap sepeda Elbowz Racing. | Luvo

Ben Spies bersama anak dan istrinya
GM-helm SSS Racing