Yamaha Sunday Race 2019 : ADD Suspension Hadirkan Inovasi Terbaru, Bakal Trend?

Hydraulic Preload Adjuster (depan) dan Rebound Adjustable (belakang)
Yamaha

BalapMotor.Net – +ADD Suspension memunculkan inovasi terbarunya pada gelaran Yamaha Sunday Race (YSR) 2019 putaran kedua (27-28/7). Brand custom suspensi balap asal Solo ini memasang sok belakang untuk Yamaha All New R15 VVA yang berbeda dari sebelumnya.

Suspensi terbaru yang ternyata sudah dipasang pada pacuan tim SND Factory di ARRC sejak awal musim 2019 ini terlihat dipasang pada pacuan Yamaha All New R15 VVA dari tim Yamaha Bahtera, Yamaha Aira Oryza dan Yamaha Akai Jaya. Suspensi terbaru tersebut dilengkapi dengan hydraulic preload adjuster.

Jadi saat penulis melihat penampakan suspensi tersebut di motor, ada dua adjustable. Jadi yang satunya adalah rebound adjustable yang memang sudah biasa untuk suspensi spek balap. Untuk yang satunya lagi adalah adjustable untuk penyetelan preload.

Penampakannya nih

Jika biasanya penyetelan preload itu langsung di suspensinya, kali ini ada tambahan hydraulic preload adjuster yang tabungnya lebih kecil dibandingkan dengan rebound adjustable. “Ini sebenarnya sudah mulai dipakai di ARRC sejak awal musim. Untuk di balap nasional baru pertama kalinya disini mas,” ungkap Dede Widya Purnama selaku owner +ADD Suspension.

Untuk fungsinya sendiri, Dede memberikan penjelasan kepada penulis. Ternyata hydraulic preload adjuster ini berfungsi untuk memperudah setting preload. Tahu sendiri kan jika suspensi monosok posisinya tersembunyi. “Fungsinya lebih pada untuk memudahkan penyettingan preload mas,” ujar Dede.

Dede Widya dan Wilman Hammar

Dede juga mengatakan bahwa suspensi tersebut diproduksi oleh Racing Bross Taiwan. “Sekarang distributor resmi Racing Bross sendiri adalah kita mas. Saya juga menjadi tim riset dari Racing Bross,” tambah Dede yang mengawali kiprah di dunia persuspensian dari balap garuk tanah ini.

Apakah suspensi dengan hydraulic preload adjuster akan populer kedepannya? “Mungkin tahun 2020 semua suspensi balap bakal dengan model seperti ini,” semangat Dede Widya Purnama yang sibuk setting motor balap di YSR.| Luvo

SSS Racing GM-helm