Jangan Salah Ya!!! Ini Perbedaan Rantai SSS HSB dan HSBT

Jangan Salah Ya!!! Ini Perbedaan Rantai SSS HSB dan HSBT

BalapMotor.Net – Rantai menjadi salah satu perangkat yang penting pada sepeda motor (kecuali matic ya). Jadi, jangan asal-asalan kita dalam memilih rantai.

Sebelum menyesal karena kita tidak sesuai membeli rantai yang tepat untuk motor kita, perlu diketahui dulu nih beragam kode pada bungkus rantai. Nah, kali ini kita mau membahas rantai SSS tipe HSB dan HSBT, apa sih perbedaannya?

LENKA MiniGP SSS Racing

Dilihat seklias pastinya mirip antara rantai SSS HSB dan HSBT. Namun, keduanya memiliki fungsi dan perbedaan masing-masing. Kode H (Heavy Duty) menunjukan bahwa rantai tersebut platnya lebih tebal sehingga lebih tahan dalam kondisi yang ekstrem.

Sementara SB (Solid Bush) berarti Bushing pada rantai tersebut platnya terbuat dari besi utuh yang menjadikan rantai tidak mudah kendur. Sementara T itu merupakan kode khusus yang menunjukan bahwa rantai itu special grease.

Maksudnya, grease yang digunakan merupakan teknologi khusus dari Jepang yang mampu memaksimalkan pelumasan pada sistem rantai. Kalau rantai HSB itu grease bening dan cair serta warna plat dalam standar.

Sementara rantai HSBT greasenya kuning dan lengket serta plat luar dan dalam berwarna gold. HSBT tentunya punya kualitas yang lebih bagus dan biasanya menjadi andalan untuk motor balap.

GM-helm VND Racing PARD