YEF 2022 : Beberapa Peserta Gunakan Strategi 1 Kali Pit Stop, Jadi Pembuktian Fisik Mereka!

Aksi Galang Hendra di YEF 2022

BalapMotor.Net – Gelaran Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 yang digelar di sirkuit Sentul Internasional, Bogor (22-23/10) menjadi bukti kalau pembalap pro Indonesia juga punya fisik yang mumpuni.

Beberapa pembalap pro yang turun pada kategori 250cc Pro ternyata menggunakan strategi hanya 1 kali masuk pit untuk pergantian pembalap. 1 kali pits stop sendiri merupakan batas minimal dalam regulasi YEF.

LENKA MiniGP SSS Racing

Jadi, jika balapan YEF digelar selama 2 jam, maka 1 pembalap harus membalap selama 1 jam atau lebih. Kalau ini tergantung tandemnya. Sayangnya, pada balapan kemarin cuaca kurang mendukung dan membuat balapan hanya berlangsung 1 jam 15 menitan saja.

Dengan ini, ada beberapa pembalap yang baru melahap beberapa lap saja sebelum balapan dihentikan. Sementara itu, tandemnya sudah menjalani balapan selama lebih dari 1 jam.

Moment start gaya le mans di race 250cc Yamaha Endurance Festival 2022

Sebut saja Galang Hendra Pratama dari tim Yamaha Akai Jaya A, lalu Nicky Hayden dari Yamaha Akai Jaya B, Alfi Husni dari Yamaha Ziear, Wilman Hammar dari Yamaha Bahtera dan M Faerozi dari Yamaha HDS merupakan pembalap yang sudah melahap trek Sentul selama 1 jam.

Strategi 1 Kali Pit Stop

Makanya, rekan duet mereka hanya melahap beberapa lap saja karena balapan dihentikan. Sebenarnya bisa saja mereka melakukan 2 kali pit stop yang membuat fisik mereka lebih terjaga, tetapi resikonya akan terbuang waktu di atas 1 menit 30 detik yang merupakan batas minimal regulasi masuk pit di YEF.

“Jadi strategi kita adalah hanya 1 kali pit stop. Makanya saya harus melakukan race selama 1 jam sebelum akhirnya bergantian dengan Anggi,” ungkap Galang Hendra Pratama saat sesi press conference.

Podium kemenangan Yamaha Endurance Festival 2022 kelas 250cc Pro

“Mengenai fisik, Alhamdulillah jika dilihat dari race pace tetap stabil sampai sebelum masuk pit,” tambah Galang Hendra Pratama yang di musim ini balap di ajang ARRC kelas SS600 ini.

Mengenai time, Alfi Husni juga mengaku stabil. “Kalau saya juga sama, timenya stabil di 1 menit 45 detikan,” terang rekan duet Gupita Kresna Wardhana ini.

Dengan membalap selama 1 jam ini, pastikan ini menjadi pembuktian fisik mereka. Apalagi dalam balapan Yamaha Sunday Race (YSR) musim 2022 ini peserta hanya melahap 8 lap saja dengan time sekira 14 menitan. |Luvo

Aksi Alfi Husni

GM-helm VND Racing PARD