YCR Boyolali 2020 Jadi Event Perdana Wajib Undercowl Dan Safety Light

Pemasangan undercowl juga memperkece tampilan motor
GM-helm

BalapMotor.Net – Gelaran perdana Yamaha Cup Race (YCR) 2020 yang berlangsung di Boyolali pada 29 Februari – 1 Maret 2020 menjadi event perdana yang sudah mengaplikasi beberapa regulasi baru di musim 2020.

Perlu diketahui, ada beberapa regulasi teknik baru di balap motor nasional musim 2020. Untuk lebih detailnya silahkan klik di sini. Nah, yang kali ini dibahas adalah regulasi mengenai pemasangan undercowl dan safety light di pacuan balap. Untuk yang lainnya next akan kita bahas juga.

Undercowl sendiri sudah diwajibkan pada gelaran balap Asia Road Racing Championship (ARRC) sejak musim 2019. Nah, pada balapan nasional akan diwajibkan juga tepatnya di musim 2020 ini.

Safety Light dan Undercowl

Selain undercowl, pemasangan safety light atau tail light juga diwajibkan di musim 2020 ini. Safety light atau lampu belakang sendiri sebenarnya sudah di sosialisasikan pada musim 2019 lalu.

Nah, perangkat wajib yang tujuannya untuk safety ini sendiri perdana diterapkan pada gelaran Yamaha Cup Race (YCR) 2020. Ini karena gelaran YCR merupakan gelaran nasional perdana yang memang membuka kelas Kejurnas (YCR1,YCR2 dan YCR3).

Donny Maharjono, Direktur Balap Motor PP IMI

Dengan pemasangan undercowl, maka jika mesin mengalami masalah pada saat balapan dan oli keluar, maka akan tertampung pada undercowl tersebut. Sementara itu, safety light sendiri baru boleh dinyalakan saat balapan berlangsung dalam kondisi hujan. Ini tentunya agar motor bisa terlihat lebih jelas oleh pembalap di belakangnya.

“Pada tahun ini sendiri memang ada beberapa perubahan regulasi teknik balap motor dan mulai kita terapkan pada YCR kali ini. Diantaranya sendiri adalah pemasangan undercowl dan safety light yang berhubungan dengan safety. Untuk undercowl dan safety light sendiri sudah diterapkan sebelumnya pada balap Asia,” terang Donny Maharjono selaku Direktur Balap Motor PP IMI.

SSS Racing