Yamaha Sunday Race 2019, Teknologi Baru Tantangan Baru

Moto All New R15 jadi tantangan baru
Yamaha

BalapMotor.Net – Yamaha All New R15 VVA menjadi motor wajib pada kelas Sport 150cc Pro Rider gelaran Yamaha Sunday Race (YSR) 2019. Motor ini sendiri mempunyai banyak perbedaan dibandingkan dengan versi lamanya, baik dari segi mesin, bodi dan juga kaki-kakinya.

Dengan diwajibkannya motor All New R15 tentunya membuat para peserta di kelas tersebut harus bisa cepat melakukan riset. Apalagi motor tersebut menggunakan mesin dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang belum dipergunakan pada motor balap di Indonesia.

Ini tentunya menjadi tantangan besar bagi para mekanik. Meskipun belum diwajibkan tetap menggunakan VVA, tetapi ternyata semua peserta tetap mencangkokan teknologi VVA yang kerjanya mengubah noken as pada RPM tertentu ini.

Baca Juga : Hasil Race Tiap Kelas Yamaha Sunday Race Putaran Pertama 2019

Meskipun hampir semuanya tetap menggunakan VVA, tetapi para mekanik mempunyai patokan RPM pergantian noken as yang berbeda-beda.  Yogie MBKW2 yang memegang motor sang juara di kelas ini yaitu Fahnisyar Nurjabad mematok VVA bekerja pada RPM yang cukup tinggi yaitu 11.500 RPM.

Yogie MBKW2

“Jadi VVA kita atur pada RPM 11.500 mas, ini akan berguna di trek lurus. Jadi seperti ada tenaga tambahan,” ungkap Yogie MBKW2.

Sementara itu, Om Hawadis yang tentunya memegang pacuan dari duet Wahyu Aji dan Arianto Tarzan di timnya Yamaha HDS mematok VVA pada RPM yang lebih rendah.

“Saya mematoknya pada 10.500 RPM, jadi tergantung kebiasaan pembalapnya menjaga RPM di tikungan. Kalau VVA bekerjanya di 10.500RPM akan berguna saat motor keluar tikungan,” ungkap Om Hawadis yang mampu mengantarkan Wahyu dan Tarzan ke podium kedua dan ketiga ini.

Hawadis

Tetapi ternyata masih ada juga mekanik yang mematok VVA pada RPM sesuai dengan standarnya seperti GDT Racing dan Bima Aditya The Strokes 55. “Saya tetap pakai VVA mas, untuk aktifnya pada 7.500RPM,” ungkap Anton Kliwon dari GDT Racing yang memegang motor Yamaha Bahtera.

Menariknya, part VVA All New R15 terbukti tidak ada kendala saat balapan kemarin.”Untuk part VVA masih aman mas, hanya saja part lainnya masih perlu riset lagi,”ujar Bima Aditya The Strokes 55 yang memegang pacuan dari tim Yamaha Aira Oryza.

Pastinya riset dari para mekanik ini kedepannya terutama untuk All New R15 wajib ditunggu nih gaes. Teknologi baru, tantangan baru. | Luvo

Bima Aditya The Strokes 55
Anton Kliwon GDT Racing
SSS Racing GM-helm