Wacana Balap MiniGP 150cc Di Yamaha Cup Race Musim Depan

Balap MiniBike di The Master Camp VR46 jadi inspirasi

BalapMotor.Net – Di Yamaha Cup Race (YCR) tahun depan, ternyata Yamaha Indonesia telah membuat sebuah wacana keren. Yamaha di tahun depan akan membuat kelas MiniGP 150cc untuk para pembalap belia dengan umur 10-13 tahun.

Kabar ini didapat oleh BalapMotor.Net di seri perdana YCR 2016 yang berlangsung di Purwokerto akhir pekan lalu (23-24/7).Saat ini Yamaha sedang membangun motor sport kecil khusus balap yang nantinya akan dicangkoki mesin 150cc yang kemungkinan besar diambil dari motor Yamaha V-Ixion.

Para rider belia di YCR Purwokerto
Animo Spesial dari Rider belia di YCR Purwokerto
SSS Racing

Dengan adanya balapan MiniGP 150cc ini, tentu saja bisa memperkenalkan balap motor sport sejak dini. Jadi para pembalap belia diharapkan bisa terbiasa membalap dengan motor sport meskipun bentuknya kecil dan dibalapkan di trek dadakan ataupun di trek permanen kecil.

” Kita akan membuat semacam motor sport yang dirampingkan. Mulai dari sasis, sudut rake dan sumbu roda. Jadi versi modifikasi. Intinya, layak untuk balap di sirkuit non-permanen di berbagai daerah yang memang relatif sempit. Jadi tidak dipaksakan hingga dapat optimal, “terang M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang hadir langsung di gelaran YCR di Purwokerto kemarin.

Ketua DPRD Kab Banyumas, Aldi Hendra, Galang Hendra dan GM after sales dan Motorsport PT. YIMM M Abidin
Ketua DPRD Kab Banyumas, Aldi Hendra, Galang Hendra dan GM after sales dan Motorsport PT. YIMM M Abidin

Saat ditanyai mengenai ide yang bisa dibilang ide briliant tersebut, ternyata ide tersebut datang ketika melihat pelatihan balap The Master Camp VR46 di Tavullia, Italia yang diikuti oleh Galang Hendra dan Imanuel Pratna. Disana ada juga latihan menggunakan MiniGP di trek kecil.

” Kita akan mengenalkan balap sport lebih dini kepada anak-anak. Tapi bukan dengan kudabesi yang beredar umum. Kan lintasan daerah sering diributkan tidak layak untuk sport. Kita rancang sendiri motornya lebih ramping. Kita akan bangun sekitar 15-20 unit untuk YCR tahun depan. Jadi Yamaha yang akan siapkan kudapacunya, ” tambah M Abidin yang mengatakan bahwa Yamaha membuka peluang bagi vendor yang bisa menyediakan/membuat sasis untuk motor MiniGP 150cc tersebut. Wah patut kita tunggu nih balap mania, #MariBerprestasi. [ luvo ]

GM-helm PARD