Tips Mudik Dari Dedy Fermadi : Jangan Samakan Jalan Raya Dengan Sirkuit

Dedy Fermadi selaku pelatih balap dan owner D45 Road Racing Academy

BalapMotor.Net – Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai speda motor, khususnya bagi balap mania yang akan mudik lebaran. Apalagi bagi balap mania yang jarang melakukan perjalanan jauh.

Menurut Dedy Fermadi, selaku mentor sekaligus owner dari D45 Road Racing Academy bagi pengendara yang paling utama adalah fisik. Dedy Fermadi yang juga ayah dari pembalap cilik Abimanyu Fermadi  ini mengatakan bahwa pengendara tidak boleh memaksakan diri.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Paling utama adalah kondisi fisik yang prima dan harus dijaga saat berkendara. Terlalu lama duduk diatas motor akan membuat bagian tertentu pada tubuh kita terasa capek dan membuat peredaran darah tidak lancar, ini akan membuat konsentrasi berkurang. Jika sudah merasa kesemutan sebaiknya istirahat dan lakukan gerakan pelemasan layaknya berolahraga dengan tujuan mengembalikan lagi sirkulasi oksigen dalam tubuh kita sehingga peredaran darah lancar kembali,” terang Dedy Fermadi.

Dedy Fermadi juga menambahkan bahwa saat berkendara di jalan raya kita tidak boleh menganggap seperti saat kita berada di sirkuit. Tentunya ini akan membahayakan, karena jalan raya dan sirkuit sangatlah berbeda kondisinya.

“Intinya teknikal diatas motor digunakan sesuai kebutuhan saja. Andaikan harus melakukan pengereman yang keras dan lain-lain, tidak perlu seperti di sirkuit. Jalan raya sangat berbeda kondisinya dengan sirkuit. Saat di jalan raya pokoknya harus ciptakan maindset utamakan keselamatan,” tambah Dedy Fermadi yang sukses mendidik cukup banyak pembalap top Indonesia ini.| Luvo

GM-helm VND Racing PARD