Tak Hanya Balap Dunia, Balap Nasional Juga Ada Batas Usia Minimal Pembalap

Foto ilustrasi balap Oneprix di sirkuit permanen

BalapMotor.Net – Pada musim balap 2022 ramai pembicaraan mengenai perubahan batas minimal usia pembalap dalam berbagai ajang balap dunia. Mulai dari Moto3, Moto2, FIM CEV, Red Bull Rookies Cup sampai Asia Talent Cup batas usianya dinaikan.

Hal ini terjadi setelah adanya beberapa insiden yang merenggut nyawa beberapa rider bocah dalam ajang Moto3 Dunia, Europan Talent Cup serta WorldSSP300 musim 2021. Berbicara mengenai batas minimal usia pembalap, dalam balap nasional juga ada lho batas minimal pembalap.

Mungkin kita lebih sering mendengar batas maksimal usia pembalap seperti kelas Novice batasnya 20 tahun, lalu kelas Rookie 16 tahun dan Beginner 12 tahun. Tetapi, tiap kelas di balap nasional (Kejurnas) juga ada batas minimalnya.

SSS Racing GM-helm

Yuk kita cek dalam regulasi yang ditetapkan IMI mengenai kategori pembalap Motoprix/Oneprix tahun 2021. Untuk kelas Beginner (ECU STD 12 Tahun) ternyata minimal usia pembalapnya adalah 8 tahun, jadi jika belum berusia 8 tahun maka belum diperbolehkan.

Lanjut pada kelas Rookie usianya sendiri minimal 10 tahun dan maksimal 16 tahun. Pada kelas Novice sendiri minimal 14 tahun dan maksimal 20 tahun. Nah, untuk kategori Expert juga ada batasannya. Minimal untuk Expert adalah 16 tahun dan Maksimal 50 tahun. Mengenai regulasi musim 2022 sendiri belum diketahui apakah batasan tersebut bakal ada perubahan atau tidak.

VND Racing PARD