Setelah Berjaya di Drag Bike, Begini Kisah Aben Racing Akhirnya Merambah Ke Road Race dan Sukses!

Koh Han (kaos hitam) bersama sang kakak Ade Tanoe

BalapMotor.Net – Aben Racing “Yellow Gank” merupakan salah satu tim balap yang eksis di balap Drag Bike dan Road Race. Tim ini juga menjadi salah satu tim top nasional di dua ajang tersebut.

Sebelum masuk di ajang road race pada 2019, tim Aben Racing sendiri sudah terjun di balap drag bike sejak tahun 2010an. Jadi awalnya memang lebih serius di drag bike.

LENKA MiniGP SSS Racing

Soal prestasi di drag bike, tim yang awalnya bernama SJP 33 Modal Nekad ini kalau ditulis di artikel ini, bisa gak selesai-selesai gaes, saking banyaknya. Contohnya ya jadi juara bertahan gelaran IDC.

Skuad Oneprix Yamaha Aben racing 2023

Koh Han, selaku owner Aben Racing bercerita langsung kepada penulis saat gelaran ronde kedua IDC di Cilacap (7/6). Awalnya, ternyata mereka iseng turun di road race, namun keterusan dan malah terjun di Kejurnas Oneprix dan berprestasi.

“Jadi awalnya, waktu 2019 kita kan punya motor drag 125Z dan kelasnya sudah tidak ada. Lalu kita iseng pakai mesin tersebut untuk ikut di road race, eh sering juara,” terang Koh Han yang mengambil nama Aben Racing dari nama sang anak Aben ini.

Motor 2 tak tim Aben sendiri merupakan garapan dari Sanjaya Jet Yogyakarta yang sampai saat ini menjadi salah satu yang ditakuti baik di drag bike maupun road race.

Skuad Drag Bike 2023 Aben Racing
Lanjut Tarung Kejurnas

Lanjut bagaimana tim Aben Racing bisa nyemplung di Kejurnas Oneprix, Koh Han juga bercerita. “Awalnya kan kita bikin MX King Covid (Drag) di Racetech, lalu sama Koh Leon disuruh untuk bikin MP1 juga. Akhirnya kita pertama kali terjunkan di ICP Subang, dan jadi juara bersama Aldi,” ungkap Koh Han.

“Untuk di Oneprix sendiri awalnya kita tidak ada niatan, tetapi ketika ditawari oleh Koh Leon dan pembalapnya Aldi Hendra, kita akhirnya setuju untuk tarung di Oneprix tahun 2021 dan jadi juara nasional Novice,” tambahnya.

Aksi Arfian Ramadhan, rider Novice tim Yamaha Aben Racing

Pada 2022 sendiri skuad tim Aben Racing di Oneprix adalah duet kakak beradik Galang dan Aldi Hendra serta Rusman Fadhil. Aldi sendiri berhasil meraih klasemen akhir keempat. 

Lanjut pada tahun 2023, sempat dikabarkan bahwa tim ini akan off balap. Tetapi akhirnya tetap lanjut dan tetap di dua ajang tersebut. “Tahun ini kita tetap menunjukan eksistensi kita di dunia balap motor,” terang Koh Han.

Aksi Joko Percil, salah satu joki Drag Aben Racing

Tahun ini, skuad Aben Racing di ajang Oneprix sendiri adalah duet Riky Ibrahim dan M Erfin Firmansyah di kategori Expert, lalu ada Arfian Ramadhan di Novice. Tim ini juga menjadi salah satu tim pabrikan Yamaha.

Lalu pada ajang Drag Bike ada nama Alvan Cebonk, Gery Percil, Joko Percil dan Andri Setiawan. Perlu diketahui Cebonk, Gery dan Joko sudah cukup lama bernaung di tim ini. Semoga Aben Racing terus menguningkan dunia balap Indonesia. (**)

Aldi Satya Mahendra juara nasional Novice 2021 bersama Aben Racing
GM-helm VND Racing PARD
Artikulli paraprakHasil Juara Sudirman Drag Bike Bukittinggi 7 Mei 2023
Artikulli tjetërBaru Empat Putaran, Tom Sykes Sudah Cerai dengan Kawasaki
Pimpinan redaksi di BalapMotor.Net yang gila balap sejak kecil dan mulai menjadi jurnalis balap sejak 2013