Onesixeight Racing Team Sambut 2021 Dengan Livery Baru, Mevans Sanggramawijaya Ungkap Maknanya

BalapMotor.Net – Menyambut musim kompetisi 2021, info terbaru kali ini datang dari Mevans Sanggramawijaya yang merupakan owner tim Onesixeight Racing Team. Selain kudabesi baru, upgrade performa mesin anyar dan suspensi baru, lebih dari itu adalah tampilan livery juga mengalami perubahan.

Mau tahu kan maknanya ? Jadi mengadopsi warna, corak grafis, desain terbaru yang telah final akan dipakai di musim 2021. Masing-masing warna, corak grafis dan detail desainnya memiliki makna yang mendalam. Dominan warna hitam metalik, berikut simbol baru 168 “tiga dimensi” warna metal. Ketiga angka, yaitu 1, kemudian 6 dan 8 disusun pada fokus bingkai yang sama.

Ketiga angkanya saling terkoneksi dan menyangga hingga kuat menyampaikan pesan, bahwa 168 sebagai mega power yang saling back up dan solid dalam proses pencapaian tujuan mulia juga terbaik. Bisa juga sebagai representasi karakter ekslusif, perfeksionis dan briliannya seorang Mevans dalam menjalankan nahkoda Onesixeight Racing Team.

SSS Racing

Beda dengan yang dipakai saat training di sirkuit motocross. Mevans, tampil memakai jersey dan celana motocross kombinasi, putih dan biru di bagian lengan. Font 168 di belakang, memakai warna merah putih, bagian atasnya bertulis Mevans dan sisi bawahnya semacam Visit Pemalang. Untuk logo dan ikon lainya, sama dengan jersey hitam metalik.

Mevans Sanggramawijaya

Perubahan ini juga sebagai refresh dan dinamika Onesixeight Racing Team, yang senantiasa tampil sebagai tongkrongan penghobi racing milenial dan selalu spektakuler. Catatan terpenting, selalu tampil membawa kejutan dan menebar pengaruh positif sekitarnya, telah menjadi trade mark kuat yang melekat di Onesixeight Racing Team.

Cuman, anehnya terjadinya perubahan pada tampilan kudabesi dengan nomor start #168, sudah tak terlihat ikon dan tulisan Mevanslitta. Dan ikon tulisan itu berubah menjadi “Nararya Sanggramawijaya” yang tak lain adalah putra mahkota Onesixeight Racing Team.

Benarkah Nara sapaan putra Mevans itu, akan dikader sebagai calon penerus Onesixeight Racing Team ? Boleh disebut demikian, menurut saya racing seperti motocross adalah laki-laki. Membangun dan mengembangkan karakter tangguh, jeli, pemikir dan cerdas, sejak usia dini.

“Sebab, makin kesini rider potensial usianya relatif makin belia,” argumen Mevans yang ingin menularkan hobi kepada sang putra. Tapi, tetap saja ada yang menggelitik dan memancing penasaran berbagai pihak. Apa yang sebenarnya terjadi di kehidupan pribadi Mevans Sanggramawijaya ?

Menurut Mevans, beberapa media cukup banyak yang ikut penasaran. Ketika mengamati perubahan livery Onesixeight Racing Team, sebab ini lain dari biasanya. Mevans hanya tersenyum tipis menanggapinya saat dikonfirmasi. Sebab, pria yang dikenal aktif di kegiatan sosial itu, menegaskan semua sudah kehendak Allah SWT.

“Terpenting, fokus melangkah kedepan, tak sampai mengurangi kapasitas hobi dan menjadikanya sebagai hikmah dalam kehidupan, ”terang Mevans.

Fenomena pergantian livery seolah dihadapkan dengan teka teki, rahasia apa sebenarnya dibalik perubahan tampilan livery Onesixeight Racing Team. Karena livery 2021, sudah dipastikan telah terkonsep di bodi seluruh kuda besi, wearpack, jersey dan juga motorhome milik The Real Man, tanpa icon dan tulisan Mevanslitta.

“Cukup miris dan menyedihkan, ketika kisah romantis di arena balap harus runtuh dan pupus sekejap mata. Artinya para pecinta otomotif, tak lagi dapat melihat suasana romantis di sirkuit, layaknya romeo dan juliete”. Hingga banyak kolega dan kerabat Mevans yang menyayangkan.

Seperti tampilan KX 250 versi 2021, yang mengarah ke style livery factory tak lagi tampak tulisan Mevanslitta. Termasuk Husqvarna FC 250 tahun 2020 full kompetisi, yang telah diupgrade menggunakan suspensi depan belakang Racing Factory KYB.

Demikian, Yamaha R1M 2020 yang memiliki spek WSBK, sudah tak terlihat tulisan Mevanslitta. Bahkan telah mengalami repaint hitam metalik berkombinasi carbon kevlar, dengan berbagai up grade option part kompetisi level atas.

Itu artinya sudah tak ada lagi suasana romantis di tengah bisingnya knalpot, menjelang start, finish, hingga di paddock Onesixeight Racing Team. Padahal, The Real Man adalah sosok yang sangat tidak bisa jauh dari Bunda Litta, disetiap kesempatan, dimana ada Mevans pasti disitu pasti ada Bunda Litta.

Mevans dan istri

Bicara up grade performa mesin pacuan Mevans di KX 250 versi 2021 dan Husqvarna FC 250 tahun 2020, spesial ditangani oleh Yuyuk tuner potensial asal Jatim, yang kini menetap di Jakarta.

Piranti camshaft, katup, pegas katup, piston, crankshaft, kopling, ECU dan injector, keseluruhan berganti versi kompetisi dengan brand yang biasa dipakai crosser level dunia. Upgrade performa ini juga berlangsung pada Husqvarna FS450, yang dijadikan basic gacoan di supermoto.

“Dari hasil dynotest, nilai torsi maksimal dan HP maksimal meningkat drastis, ”sebut Mevans. Sedang Yamaha R1M 2020, yang akan dipacu di event Supersport, juga mengalami upgrade perangkat mesinya. Dominan, memaksimalkan siklus suplai gas segar.

Mencakup porting polish, replacement camshaft, reflash ECU hingga penggantian knalpot. Sampai sejauh ini, spesifikasinya sudah mendekati pacuan WSBK. Termasuk, Yamaha R15 yang dipersiapkan untuk sarana training dan mempertajam racing line di sirkuit permanen.

Hampir 65% option part dari silinder head, blok silinder crankcase, ECU dan knalpot, telah mengadopsi part kompetisi. Sekaligus dijadikan fase pencarian data dan best map terbaik, persiapan laga di event. Tapi, di sesi latihan kali ini Mevans hanya memacu R15 dan Husqvarna FS450, atas pertimbangan pemulihan tulang karpal kirinya.

Yamaha R1M power terlalu bengis, otomatis saat stop and go, pengaruhnya terlalu kuat pada kejutan tulang karpal. “Hingga disarankan lebih baik jangan dulu memacu R1M, ”jelas Mevans mengutip penjelasan dari instruktur Irwan Ardiansyah dan Ferry “Copet” Irawan.

Paling mendasar, dengan refresh tampilan dan performa terbaru Onesixeight Racing Team, otomatis semangat menyambut musim kompetisi 2021 makin meningkat. Mengingat, Onesixeight Racing Team namanya telah besar bahkan popular. Sehingga menjadi hal yang rasional, ketika ada obsesi dan tarjet sehubungan dengan prestasi yang terbaik di 2021. | rls/foto : dok

GM-helm PARD