Olah Fisik ( Fitnes ) Untuk Pembalap : Tidak Boleh Asal-Asalan, Bisa Berabeh..

GM-helm

BalapMotor.Net – Fisik dalam balap tentu saja sangat berpengaruh, dalam balapan motor apapun tentu sangat diperlukan fisik yang bagus buat pembalap. Dan untuk mendapatkan fisik yang baik tentu saja banyak cara yang dilakukan seperti melakukan fitnes rutin. Namun untuk fitnes itu sendiri banyak sekali yang salah kaprah dalam fitnes, bukanya jadi bagus buat balapan malahan badanya yang jadi gede hehe.

Nah untuk fitnes yang betul dan terarah buat pembalap tentu saja harus diserahkan kepada ahlinya.  D45 Racing Academy selaku sekolah balap dari Jogja yang sudah banyak menelurkan para pembalap bagus bisa dicontoh nih. Pelatihan balap yang digawangi oleh Dedi Permadi ini menyerahkan program fitnes para muridnya kepada Johanes Sinhari atau yang dipanggil dengan sebutan Mas Jo. Mas Jo  merupakan ahli fisik buat para pembalap, banyak sekali pembalap yang sudah mempercayakan program pelatihan fisiknya kepada Mas Jo ini.

Mas Jo yang lulusan Universitas Negeri Yogyakarta alias UNY jurusan olahraga ini menjadi ahli olah fisik para pembalap sejak 2008 – 2009 dimana saat itu dia menjadi ahli fisik pembalap kenamaan saat itu di Jogja, seperti Hendriansyah, Irwan Ardiansyah dan banyak lagi yang lainya. Saat ini pembalap yang menyerahkan program fisik kepadanya lumayan banyak, tentu saja para murid sekolah balap D45 yang tidak hanya dari pulau Jawa saja namun dari seluruh nusantara. Seperti pada foto terlihat bebebrapa pembalap yang sebagian besar murid dari D45 sedang melakukan fitnes dibawah bimbingan mas Jo di daerah jalan Kaliurang Jogjakarta.

Mas Jo Memberi Pengarahan terhadap Pembalap
Mas Jo Memberi Pengarahan terhadap Pembalap

Menurut mas Jo, untuk pembalap mengolah fisik yang penting adalah endurance atau ketahanan, ditambah Power alias tenaga dan juga kelincahan. Namun ketiganya juga tidak boleh salah kaprah, misal untuk mengolah power waktunya jika balapan sedang kosong lama, karena jika mendekati balapan badan akan terasa kaku kalau habis mengolah power. Juga dengan kelincahan dan endurance, semuanya butuh waktu yang tepat agar tidak salah kaprah.

Memang segala sesuatu jika ingin membuahkan hasil yang maksimal harus diserahkan kepada ahlinya. Kalau tidak hasilnya bisa malahan merugikan diri kita sendiri.

Penulis : Didit   | Foto : Luvo

SSS Racing