Nih Dia Ajian Khusus Hawadis, Mekanik Indonesia Jawara Asia

Yamaha

BalapMotor.Net – Balap mania pastilah tau siapa itu Hawadis, mekanik asli Madura yang namanya sudah tenar ke mancanegara. Tuner yang kini menetap di Tanjung Priuk, Jakarta Utara ini korekanya sudah sangat terkenal ampuh, dan terbukti sudah beberapa kali juara di Indonesia maupun di arena balap Asia.

Nah setiap mekanik tentunya punya ajian khusus yang bisa membuat mesin yang dikoreknya mampu jadi jawara. Nah kini balapmotor.net dapat salah satu ajian dari juru korek yang sudah beberapa tahun memback up beberapa tim Asia di kancah FIM Asia Road Racing Championship ini.

Hawadis
Hawadis

Mekanik dengan kumis khasnya ini ternayata sangat fokus pada saat sesi running motor, jadi motor hasil korekanya yang sudah jadi tidak boleh langsung digeber poll. Motor dibawa berputar lintasan dengan putaran mesin yang dibatasi step by step, misalnya beberapa jam di putaran 8.000 rpm dan seterusnya sampai naik di mentok.

” Kalau di kita motor tidak boleh langsung digeber habis, harus dirunning step by step di rpm dari bawah, nanti lanjut naik dan seterusnya. Semisal kita untuk satu motor bisa sampai sehari itu hanya untuk running mesin saja. ” tutur Hawadis yang ditemui di sirkuit Karting Sentul saat merunning Yamaha Jupiter Z pesanan yang dirunning oleh Rey Ratukore pembalap asal Kupang yang di 2015 akan membalap di Jepang.

Dengan melakukan hal teresbut, tentu saja banyak keuntungan yang didapat, seperti mesin lebih awet, dan yang penting lagi yaitu mampu mendapatkan setingan yang tepat. ” Kalau di running begini nantinya posisi piston dan linner silinder sudah tepat dan jika sudah seperti itu, kita baru bisa melakukan setingan. Jadi jika daleman belum sempurna sudah digeber dan diseting, alhasil selain setingan bakal salah, mesin juga sangat rawan jebol. ” tambah Hawadis yang juga memback up tim Yamaha Bien untuk bertarung di Motoprix Jawa.

Nah itu dia salah satu ajian dari Hawadis yang tentu saja sangat bagus untuk ditiru oleh balap mania sekalian, yang suka korek mesin,salam gas poll. luvo

SSS Racing GM-helm