Kunci Yamaha Finson Bawa Kasma Daniel Naik Poium Ternyata Suspensi

Eddy Saputra manajer dari Yamaha Finson Racing

BalapMotor.Net – Di gelaran seri ke-5 Asia Road Racing Championship ( ARRC ) 2015 yang digelar di siruit Losail Qatar pada 2 pekan yang lalu, tim Yamaha Finson Motorsport mampu mengantarkan pembalap muda Malaysia Kasma Daniel naik podium ke-2 di race 2 kelas AP250cc. Tim yang ber kru dan dimanajeri oleh orang Indonesia ini ternyata mampu membuktikan bahwa orang-orang Indonesia juga bisa.

Nah saat ditanyai langsung apa sih resep dari tim yang dikontrak oleh Yamaha Jepang langsung ini mampu membawa Kasma yang merupakan pembalap berusia 15 tahun ini naik podium. Eddy Saputra selaku manajer sekaligus pentolan dari tim ini mengatakan kuncinya adalah di suspensi.

Kegembiraan Kasma Daniel saat naik poium di ARRC Qatar foto oleh : ARRC
Kegembiraan Kasma Daniel saat naik poium di ARRC Qatar foto oleh : ARRC

” Untuk mesin sepertinya saat ini sudah cukup merata, jadi dibalapan ini seting suspensi merupakan hal yang cukup penting agar bisa kompetitif.” ungkap Eddy Saputra.

SSS Racing

Suspensi disini tidak hanya memasang suspensi yang paling bagus lantas motor jadi lebih mantap,namun melainkan setingan suspensi adalah yang paling penting. Apalagi saat ini hampir semua motor kecepatanya seimbang, terlebih lagi saat peraturan bobot minimal untuk motor 2 silinder termasuk Yamaha YZF R25 yang menjadi tunggangan Kasma dikurangi menjadi 135kg. Nah ternyata bagaimana menseting suspensi itu adalah yang paling terpenting.

Lihat saja suspensi yang digunakan oleh tim Yamaha Finson di motor Yamaha YZFR25 yang ditunggangi Kasma. Suspensi dari Ohlins ini, depan belakangnya harganya tidak lebih dari 40juta rupiah balap mania. ” Untuk harga sok Ohlins yang kita gunakan tidak terlalu tinggi, depan belakang tidak lebih dari 40 juta. ” tutur Eddy Saputra yang di balapan nasional menaungi tim Yamaha DS Moto ini.

Jadi selain si pembalap harus pintar seting suspensi, kru atau mekanik dari tim juga harus bisa mengerti kemauan si pembalap tentang suspensi dan bisa menerapkanya tentu saja. Untuk hal ini tim Yamaha Finson juga menggunakan alat 2D yang tentunya bisa membantu mempermudah mendata set up di sirkuit. ” Untuk membantu mempermudah seting suspensi, kita juga memasang alat 2D yang bakalan mempermudah seting suspensi. Untuk harga alat ini sekitaran 100 jutaan,” tutup Eddy Saputra.Wih mantap juga, selamat untuk Yamaha Finson Racing. [ luvo ]

GM-helm PARD