Kejurnas Balap Motor Tasikmalaya : Secara Overall Bukit Peusar Oke, Tinggal Benahi Dikit

Gelaran perdana di Bukit Peusar cukup sukses

BalapMotor.Net – Pertama kalinya ajang Indonesia Road Racing Championship ( IRRC ) atau yang dilunya bernama Indoprix digelar di sirkuit Bukit Peusar, Kota Tasikmalaya pastinya akan ada banyak pro dan kontra. Namun setelah digelar akhir pekan lalu, dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh IMI yang mengambil alih event ini nampaknya membuahkan hasil yang baik.

Sirkuit Bukit Peusar yang mempunyai panjang 1,2 km ditata lebih baik lagi agar lebih oke menggelar event sekalas IRRC ini. Jalanya balapan yang ditonton oleh ribuan pasang mata yang memadati tribun dan pinggiran trek yang konturnya naik turun ini juga berjalan cukup lancar.

Para pengurus IMI dan juga manajer motorsport Yamaha Indonesia, Supriyanto

” Ya intinya balapan kemarin cukup sukses dan mulai ketemu lagi suasana aslinya balapan para pembalap terbaik di Indonesia. ” tutur Frans Tanujaya selaku Kabid Olahraga Roda Dua PP IMI.

Irwan Ardiansyah
Irwan Ardiansyah
SSS Racing

Namun meskipun demikian, kekurangan sudah pastilah ada, namanya juga pertama kalinya digelar. Kekurangan ini diungkapkan oleh beberapan pesera, namun tidak serta merta merendahkan, namun sebenarnya bisa untuk input bagi sirkuit Bukit Peusar.

Sirkuit yang setiap tahunya menggelar balapan Motoprix ini dikeluhkan kontur aspalnya yang sedikit bumpy dan area run off yang kurang. Hal ini diungkapkan oleh Irwan Ardiansyah, pembalap sangat senior yang memang dikenal kritis di dunia balap motor tanah air ini mengatakan kalau area run off terlalu sedikit dan jarak ke ban pembatas sangat dekat.

” Harusnya area run off lebih dilebarkan lagi sesuai dengan standar, ini kan cukup membahayakan. ” tutur Irwan Ardiansyah yang meski umurnya sudah tidak muda lagi, namun powernya masih belum kalah ini.

Tentang trek, Supriyanto dari Yamaha Indonesia juga memberikan pendapat yang hampir sama yaitu tentang run off.

Run Off area dianggap terlalu mepet
Run Off area dianggap terlalu mepet

” Secara overall event kali ini cukup sukses, meskipun ada sedikit yang harus dibenahi khususnya untuk sirkuit. Run off area di sirkuit ini mungkin harus ditambah lagi, ini tentu saja untuk keamanan para pembalap. Selain itu gundukan selepas start harusnya juga dikurangi ya kembali lagi untuk keamanan para pembalap.” tutur Supriyanto selaku manajer Motorsport Yamaha Indonesia yang datang langsung memantau balapan IRRC ini.

Jadi intinya ayo, sirkuit Bukit Peusar sudah dapat input nih biar sirkuitnya semakin mantap. Maju terus balap motor Indonesia. [ luvo ]

KOntur trek naik turun cukup menantang
KOntur trek naik turun cukup menantang

Sirkuit Bukit Peusar

GM-helm PARD