Kawahara IRC IDC Sukoharjo 2017 : Sistem Duel Absensi Terbukti Efektif

Jelang IDC Purbalingga: Hole Shot Masih Tersedia, Ayo Sikat di Penyisihan
Hole Shot Masih Tersedia di Purbalingga

BalapMotor.Net – Mulai musim 2017 ini, gelaran Kawahara IRC Indonesia Drag Championship (IDC) memberlakukan sistem start wajib duel pada babak final.Tidak hanya itu juga, untuk urutan start duel juga diberlakukan sistem semacam absensi.

Diambil dari babak penyisihan, 16 besar yang masuk final langsung dibagi urutan startnya dan lawan duelnya. Posisi start juga sudah ditentukan dari hasil penyisihan misalnya yang ganjil di line A sedangkan yang genap di line B atau sebaliknya.

Lalu untuk urutanya diambil dari posisi paling bawah di penyisihan. Urutan 16 duel sama urutan 15, dan seterusnya. ” Sistem seperti diambil dari sistem yang berlaku di slalom, jadi start dimulai dari posisi penyisihan paling bawah,” ujar Ogie dari Erdeve Indonesia selaku penyelenggara event ini.

Kawahara IRC IDC Sukoharjo 2017 : Sistem Duel Absensi Terbukti Efektif
Ogie dari Erdeve Indonesia
SSS Racing

Meskipun sudah diberlakukan sejak seri awal, namun di setiap serinya seperti pada seri 3 yang berlangsung di Sukoharjo kemarin (9/7) pihak panitia selalu memberikan briefing kepada manajer tim peserta yang masuk babak final.

Baca JugaHasil Lengkap Kawahara IRC IDC 2017 Sukoharjo

“Yang seperti ini sudah diberlakukan sejak seri awal dan sudah disosialisasikan sejak akhir seri di tahun lalu. Kita juga mengajak para peserta untuk ikut berembug soal ini sejak akhir kahun lalu. Sampai saat ini tidak ada masalah dengan sistem seperti ini dan terbukti mampu memangkas waktu,” tambah Ogie.

Selain mempercepat waktu race, dengan sistem duel absen ini tentunya membuat para penonton lebih puas. Ini karena mereka bisa melihat duel para pembalap di trek lurus 201 meter. Berbeda dengan sebelumnya, sering sekali pembalap memilih untuk start sendiri dan memilih line yang dianggap lebih oke.| Luvo

GM-helm PARD