Jelang Seri 1 Yamaha Sunday Race (YSR) 2016, Dibuka Kelas Baru, Semakin Manjakan Komunitas

BalapMotor.Net – Akhir pekan ini (19-20/3) gelaran perdana Yamaha Sunday Race (YSR) 2016 akan segera dimulai. Balapan motor sport Yamaha ini selain membuka kelas untuk rider dan tim profesional, juga dibuka kelas untuk komunitas.

Di gelaran YSR 2016 ada perubahan kelas, yaitu kelas Superstock up to 1000cc untuk komunitas. Sebelumnya di tahun pertama YSR, kelas ini hanya sampai 600cc, dan dengan dibuka sampai 1000cc pastinya akan membuka kesempatan bagi para komunitas penunggang Yamaha YZF-R1 bahkan Yamaha YZF R1M yang jumlahnya di Indonesia cukup sedikit.

Dibuka kelas baru Superstock Up To 1000cc untuk komunitas
Dibuka kelas baru Superstock Up To 1000cc untuk komunitas
LENKA MiniGP SSS Racing

Nah buat yang ingin mengikuti kelas baru ini, ada beberapa syarat agar bisa turun di balapan YSR yang ada banyak hiburan lain untuk penonton. “ Yang pasti, harus memiliki KIS (Kartu Ijin Start). Kemudian anggota klub dan menjadi bagian dari YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia). Juga nantinya akan diseleksi dari tim YRA, “terang M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports YIMM. Tentu saja hal ini dilakukan demi keamanan, maklum kelas ini kan merupakan kelas dengan kapasitas mesin terbesar dan tentunya kecepatanya juga lebih kencang dibandingkan kelas lainya.

Agar lebih optimal lagi Yamaha Indonesia dalam hal ini PT. YIMM juga melibatkan DDS yang merupakan perwakilan Yamaha di daerah. “Untuk pesertanya agar tersosialisasi lebih optimal, kita sampaikan ke klub-klub di area DDS. Jadi melibatkan DDS. Mantapnya untuk kelas komunitas, ada yang sudah mulai latihan, bahkan menyewa pelatih balap juga, “tambah M Abidin.

M. Abidin selaku GM Aftermarket & Sales PT YIMM
M. Abidin selaku GM Aftermarket & Sales PT YIMM

Selain membuka kelas baru superstock 1000cc di YSR untuk komunitas, Yamaha Indonesia juga memberikan sesuatu yang baru untuk para komunitas. Yamaha dengan menggandeng Indospeed selaku penyelenggara Kejurnas IRS 2016 akan membuka juga kelas R25 khusus komunitas. Jadi selain mereka membalap di event YSR mereka juga bisa membalap di gelaran Kejurnas IRS 2016.

“Kita sedang godok, rider komunitas A dan komunitas Pro bisa ikut IRS untuk 3-5 seri. Jadi khusus untuk kelas Kejurnas Sport 250 cc di IRS. Jadi edukasi Sunday Race yang bisa berlanjut di event lain sebagai barometer skill dan event itu sendiri. Selama ini edukasi kita fokus pebalap saja. Nah, sekarang saatnya komunitas juga merasakan balap dengan YZF-R25 di strata Kejurnas 250“ujar M Abidin. Intinya komunitas semakin dimanjakan nih sama Yamaha Indonesia. [ luvo ]Seri 1 Yamaha Sunday Race 2016

APRILIA GM-helm VND Racing PARD