Ini Grade Sirkuit Manggul Lahat Versi IMI Serta Penjelasannya

Yamaha

BalapMotor.Net – Sirkuit Manggul yang terletak di Lahat Sumatera Selatan memang istimewa baik dari segi lintasan maupun dari segi pendukungnya. Namun ternyata grade sirkuit yang dibangun oleh bupati Lahat Aswari Rivai ini hanya masuk di kategori Grade C oleh PP Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Saat ditelusuri oleh penulis, ternyata grade C dari PP IMI sendiri bukanlah grade yang jelek. Ini karena sirkuit Sentul Internasional yang merupakan sirkuit terbesar di Indonesia saja ternyata hanya di Grade B. Jadi Grade C sendiri maksimal untuk balap motor adalah untuk kelas sport 150cc.

Medya Saputra selaku wakil ketua olahraga sepeda motor PP IMI

Menurut Medya Saputra yang merupakan wakil ketua umum olahraga sepeda motor PP IMI, ada beberapa hal yang membuat sirkuit Manggul berada di Grade C.Tentunya Medya Saputra juga berharap agar sirkuit Manggul bisa menaikan gradenya.

“Sirkuit Manggul termasuk dalam Grade C menurut IMI. Ada beberapa hal yang membuat sirkuit ini hanya berada pada grade tersebut.Pertama adalah layout, lalu run off di beberapa tikungan. Tinggi jarak antara tanah dan aspal harusnya juga rata, lalu paddock serta parkiran untuk paddock juga masih perlu diubah lagi agar bisa menaikan grade,” ujar Medya Saputra yang ditemui penulis saat gelaran Aswari Cup Prix 2017 22-23 Juli lalu.

Mengenai hal tersebut, Indra Zafella sang direktur sirkuit Manggul mengatakan bahwa pihak sirkuit akan terus berusaha untuk terus meningkatkan lagi. “Sirkuit ini belum rampung 100% dan kita pastinya akan mendengarkan masukan dari para ahlinya. Kita akan berusaha untuk meningkatkan kualitas sirkuit Manggul ini.”terang Indra Zafella yang mantan pembalap ini.

GM-helm SSS Racing