Indoprix Sentul : Sistem Kualifikasi Baru Ngikutin MotoGP, Bikin Seru

GM-helm

BalapMotor.Net – Jalanya babak kualifikasi pada gelaran seri perdana KYT Indoprix tahun 2014 yang digelar di sirkuit Karting Sentul 26 April 2014. Peratruran baru tentang kualifikasi masih banyak membuat pro dan kontra kepada para peserta.

Pada tahun 2014 ini babak kualifikasi Indoprix berubah sistemnya mengikuti peraturan kualifikasi pada gelaran balap MotoGP. Jadi di musim ini Indoprix bakalan ada sistem QP1 dan QP2 dan free practicenya ditambah menjadi 3 kali free practice ( FP ).

Sistemnya ya seperti pada gelaran kualifikasi pada kelas MotoGP. Jadi hasil dari 3 FP yang dilaksankan bakalan digabungin dan bagi yang masuk ke-10 besar bakalan masuk ke babak Q2. Untuk yang diluar 10 besar bakalan di masukin ke babak Q1.

Babak Q1 sistemnya yaitu jadi pembalap yang diatas 10 besar tadi ditandingkan buat memeperebutkan grid diatas 10, nah buat yang tercepat ke 1 dan 2 di Q1 bakalan diikutkan di babak Q1 bersama rider 10 besar buat berebut posisi start 1-12 tentunya.

Namun sistem seperti itu tadi sore kurang efektif dikarenakan adanya hujan deras. Dan sempat ada perundingan dari para pembalap dan RC tentang lanjut atau tidak babak kualifikasi. Dari situ disimpulkan bahwa babak Q2 di dua kelas bergengsi IP 110 dan IP 125. Jadi buat Q2 karena ditiadakan jadi buat posisi start 1-10 diambil dari hasil kombinasi FP1 -FP3. Didit

SSS Racing