Indonesia Trackday Series ( ITS ) Sentul, Neraka Di S Kecil

S Kecil sirkuit Sentul seperti neraka bagi para pembalap track day

BalapMotor.Net – Sirkuit Sentul Internasional, Bogor merupakan salah satu sirkuit di Indonesia yang kerap selenggarakan event balapan. Seperti akhir minggu kemarin (8/11) acara Indonesia Track Series ( ITS ) gunakan sirkuit Sentul besar sebagai tempat yang di gunakan balapan. Banyak insiden yang terjadi pada lintasan yang katanya akan di renovasi pada akhir tahun nanti.

Para pembalap terjatuh pada salah satu sudut lintasan. Pembalap kerap sekali alami insiden di S kecil. Terutama para pembalap pemula yang baru merasakan balapan. Terlebih ketika lintasan basah. Banyak sekali pembalap yang tidak dapat mengendalikan kuda pacunya di lintasan tersebut. Bagi para pembalap pemula, S kecil merupakan bagian yang harus di waspadai ketika melintas.

butuh teknik khusus taklukan S kecil
butuh teknik khusus taklukan S kecil
LENKA MiniGP SSS Racing

“ S Kecil merupakan tikungan patah dan lebih kecil dari tikungan lain. Habis kanan langsung kekiri. Asal sama Racing Line dan power motor stabil si bisa ngelewatin S kecil. Banyak banget insiden di sini,” ujar Satryo pembalap pemula yang ikuti ITS minggu kemarin.

Namun berbeda halnya menurut Tomy Patria pembalap kawakan yang sudah memulai balapan sejak tahun 1995.  Pria yang masih menjadi pembalap sekaligus mentor di tim Tristar menganggap S kecil tidak begitu sulit. Skil pembalap di perlukan dalam melewati salah satu sudut lintasan tersebut.

Tommy Patria ( Kanan )
Tommy Patria ( Kanan )

“ Untuk melewati S kecil secara mulus itu tergantung teknik rider. Kebanyakan pembalap masih emosi dalam mengendarai motornya saat melewati S kecil,” tutur Tomy Patria saat dihubungi BalapMotor.Net saat event ITS kemarin. [ dewa ]

Indonesia Trackday Series ( ITS ) Sentul, Neraka Di S Kecil

APRILIA GM-helm VND Racing PARD