Indonesia Bikin Sirkuit Internasional Kecil Seperti Tsukuba Jepang Harusnya Mampu

GM-helm

     Punya sirkuit berkelas internasional bertaraf internasional kedua atau keberapa setelah sirkuit sentul pasti sangat diidam-idamkan para pecinta balap tanah air. Tapi kemungkinanya sangat tipis lha biaya bikin sirkuit sekelas sentul atau sirkuit yang berstandar bisa digunakan MotoGP itu mahal banget. Perlu peran serta pemerintah, nah yang duduk dipemerintahan aja masih tetep aja pada korupsi ya gimana lagi.
      Ga perlu muluk-muluk harusnya sih, cukup bikin aja yang bertaraf internasional dan bisa buat balapan motor gede,dan juga balapan mobil, biar ga hanya kenal sentul aja, mana mau maju pembalap kita. Apalagi desain sirkuit sentul yang tergolong biasa-biasa saja tidak ada naik-turun, tikungan putar balik yang melingkar sekali seperti di kejurdu.
      Jika mau sperti itu kayaknya sirkuit Tsukuba di Jepang menurut Balap-Motor.com patut di contoh deh, Panjangnya cuma 2,070km atau sparuh dari sirkuit sentul dan jauh lebih pendek dari sirkuit Skyland di Sumatera selatan yang nasibnya kini sudah tidak terdengar. Harusnya bisa bikin sirkuit sekelas Skyland,Kalan dan juga Balipat binuang kenapa ga bikin yang seperti Tsukuba. Sirkuit Tsukuba selalu jadi tempat berlangsungnya kejuaraan All Japan Championship MFJ loh. Kemungkinan biaya pembuatanya juga menurut Balap-Motor.com ga terlalu jauh dengan sirkuit-sirkuit bebek di Indonesia, Ayo siapa mau bikin?

    Dibawah ini gambar, Video, serta data-data sirkuit Tsukuba di Jepang.

Circuit Length : 2,070 m / 1.287 mile
Max Straight Length : 437 m
Course Width : 10 – 15 m
Number of Pit : 32

Sirkuit Skyland yang nasibnya sekarang tidak jelas
Tidak terlalu luas bukan

SSS Racing