FIM MiniGP Indonesia Series Siap Digelar di 2022

FIM MiniGP Indonesia Series Siap Digelar di 2022 | Foto : IG Bamsoet

BalapMotor.Net – Gelaran FIM MiniGP Indonesia Series bakal mulai bergulir pada tahun 2022. Event ini sendiri dihadirkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama dengan Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

FIM MiniGP Indonesia Series sendiri merupakan event turunan dari gelaran FIM MiniGP World Series. Nah gelaran FIM MiniGP World Series sendiri pesertanya diambil dari FIM MiniGP Series yang digelar di banyak negara seperti, USA, Prancis, Belanda, Qatar, Austria, Malaysia dan banyak lagi negara lain termasuk Indonesia.

“FIM dan Dorna Sport telah mengenalkan event baru, FIM MiniGP World Series, kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun. Berbagai negara yang ingin berpartisipasi, terlebih dahulu harus menyelenggarakan Series FIM MiniGP di negaranya masing-masing,” ujar Ketua IMI Bambang Soesatyo dalam keterangannya di Instagram, Kamis (2/9/2021).

FIM MiniGP Indonesia Series Siap Digelar di 2022
SSS Racing

“Pemenang dari masing-masing negara mengikuti final FIM MiniGP World Series, yang pada tahun 2022 rencananya diselenggarakan di Valencia, Spanyol. Kejuaraan ini menjadi gerbang pembuka bagi para talenta muda Indonesia menuju pentas bergengsi MotoGP,” imbuhnya.

Menggunakan Motor Yang Sama

Mengenai pacuan di FIM MiniGP Indonesia Series sendiri bakalan seragam dengan Series di negara lainnya yaitu Ohvale GP-0 160cc yang di Eropa banyak digunakan oleh para pembalap berlatih ini. Jadi motor yang digunakan bakalan seragam dan sama.

Untuk FIM MiniGP Indonesia Series sendiri bakal digelar sebanyak minimal 5 kali dan salah satunya bakal digelar di sirkuit Internasional Mandalika, NTB. Pastinya tidak menggunakan sirkuit yang besarnya yah gaes, tetapi menggunakan trek sekelas Sentul Karting.

Penampakan Ohvale GP-O 160cc

Bamsoet sendiri juga menambahkan bahwa event ini abak menjadi ajang pembinaan menuju balap MotoGP.

“Penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series merupakan bentuk keseriusan IMI dalam menyelenggarakan pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas. Setelah dari FIM MiniGP World Series, para pembalap muda Indonesia bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi seperti Red Bull MotoGP Rookie maupun Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa ke MotoGP,” pungkas Bamsoet.

GM-helm PARD