Apakah Satria F150 Injeksi Dapat Kembalikan Kejayaan Suzuki Di Balap Tanah Air ?

Suzuki Satria F150Fi injeksi

BalapMotor.Net – Meskipun baru akan dilaunching pada 16 Februari nanti, namun bocoran akan spek Suzuki Satria F150 injeksi sudah banyak beredar. Namun meskipun sudah beredar, namun tetap saja motor yang sudah digadang-gadang Suzuki Indonesia sejak tahun lalu sebagai bebek superior ini masih bikin penasaran.Dan bagi balap mania tentunya juga penasaran apakah nih motor mampu digdaya di sirkuit dan mampu menaikan pamor Suzuki di dunia balap motor tanah air.

” Kita tunggu saja kehadiran motor yang benar-benar superior sebentar lagi. ” tutur Endro Nugroho selaku Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat berbicara di gelaran SIC Banjarmasin November 2015.

LENKA MiniGP SSS Racing

Spesifikasi mesin sendiri, Satria F150 injeksi mempunyai power yang lebih dibandingkan dengan kompetitor. Dari yang tertera di spesifikasi Satria F150 injeksi yang diterima BalapMotor.Net tertuliskan kalau power motor yang pada 16 Februari nanti akan dites oleh portal ini adalah 18,49HP/10.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri Satria F150 injeksi mengeluarkan torsi 13,9NM/9.000 rpm.

Dengan spek standar yang sudah cukup lumayan tersebut, untuk dipakai balap tentu saja bakalan cukup mumpuni. Apalagi di 2016 ini kelas MP5 Motoprix akan diganti menjadi kelas bebek 150cc standar yang tentu saja hanya boleh ada sedikit ubahan. Jika throttle body (TB) di injeksi motor kelas MP5 harus standar, tentunya motor ini juga lebih unggul karena diameter di TB Satria Injeksi ini adalah 32mm dan merupakan yang paling besar di kelasnya. Namun karena ukuran standar TB dari motor ini yang cukup besar, maka banyak yang menginginkan batasan diameter TB di kelas MP5 adalah 32mm agar adil.

Aroma racing cukup kental dari tampilan Suzuki Satria F150 Fi
Aroma racing cukup kental dari tampilan Suzuki Satria F150 Fi

Selain TB yang paling besar di kelasnya, nih motor untuk injektornya juga mempunyai teknologi two spay injektor. Teknologi ini merupakan teknologi yang diambil dari Suzuki GSX-RR yang merupakan kuda besi MotoGP.

Kalau menilik dari spek standar memang motor ini mempunyai keunggulan dibanding kompetitor. Namun yang jadi pertanyaan yaitu untuk balap kelas tune up.Tentu saja disini peran mekanik yang merisetnya akan sangat berpengaruh.Sebelumnya dikabarkan kalau Suzuki sudah mengirimkan mesin motor ini ke BRT untuk diriset. Selain itu kabar yang bukan cuma kabar burung motor ini juga sudah diriset oleh Waskito Ngubaeni atau Merit yang merupakan salah satu mekanik papan atas Indonesia asal Solo.” Saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan belum di coba di sirkuit, mungkin sebentar lagi. ” tutur Merit saat ditanyai perihal riset Satria Injeksi.

Yang jadi pertanyaan disini apakah motor ini akan mengembalikan kejayaan Suzuki di balap motor seperti dimasa Suzuki Shogun 110 yang sangat mendominasi balap di era 2000an. Kita tentu saja sangat berharap Suzuki mampu bersaing di barisan dengan dengan pasukan dari Honda dan Yamaha biar balap Indonesia semakin seru dan ramai tentunya. Kita tunggu saja update masalah Suzuki Indonesia di balap motor yang akan ditelusuri terus oleh balapmotor.net, tunggu saja.[ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD