Yamaha Jupiter-z Purwokerto : Start Belakang Sengada Masalah

Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Start dari grid belakang bagi sebagian pembalap tentu saja serasa seperti kutukan. Namun jika kondisi kuda besi yang dibawanya lebih dari yang lain tentu saja start dari grid berapapun eces aja. Seperti halnya dengan Doohan Akbaruzaman pembalap pemula asal Banten yang bergabung dengan tim asal Purwokerto Yamaha TDR NHK Warid Motor ini.

Start dari grid ke-18 di final kelas MP4 Kejurnas Motoprix Reg.II seri perdana di Sentul Karting akhir pekan lalu  (8-9/3) Doohan sanggup menjadi juara. Tentu saja yang pertama dilihat selain pada skill pembalap yang di 2011 balap di Region 1 Sumatra ini, yaitu pada tungganya yaitu Yamaha Jupiter z korekan dari mekanik Yamaha TDR NHK Warid mas Ferry GMG.

yamaha jupiter z warid

” Yang berbeda cuma pada gearbox ditambah memainkan kompresi aja mas. Gearboxnya mungkin berbeda dengan yang lain, saya pakai gearbox ringan mas, perbandinganya enteng-enteng. Jadi saat keluar tikungan mesin bisa keluar peak powernya ” ungkap Ferry GMG mekanik Yamaha TDR NHK Warid Motor yang punya workshop di Bobotsari, Purbalingga Jawa Tengah, yang ditemui setelah race di Motoprix Sentul kemarin.

Untuk lebih rinci soal perbandingan gearboxnya Ferry GMG membeberkan nih pada balapmotor.net. Untuk perbandinganya yaitu Gigi 1 ( 13/36), Gigi 2 ( 18/32), gigi 3 ( 18/25) dan untuk gigi terakhir mengandalkan perbandingan  (20/24).

Tidak hanya mengandalkan setingan gearbox itu saja tentunya, Ferry GMG juga mengandalkan knalpot istimewa, yaitu menggunaka knalpot Creampie yang berbeda yaitu dengan Silincer berbahan Karbon. Lalu ditambah penggunaan Piston Forged 52mm, serta berat balancer magnet 350 Gram. Dan yang terakhir kompresi dibuat 13,2 : 1.

Itulah kunci sukses Doohan melenggang menjadi jawara pada kelas MP4 di seri pembuka kejurnas Motoprix Region II di sirkuit Sentul Karting. Sebenarnya pada kelas MP3 hampir saja menjadi yang terdepan, namun di awal race, dia harus terhalang lama oleh beberapa pembalap, jadi Doohan hanya bertengger diposisi ke-2 dibelakang Samsul Arifin. Kita tunggu saja seri berikutnya yang diundur ke bulan Mei di Solo, update terus pokoknya di balapmotor.net.

penulis : Luvo | foto : Yayan

IMG_0164

IMG_0720

SSS Racing GM-helm