Pakai Oil Cooler Super Besar, Suhu Honda Blade Pacuan Kete Jauh Lebih Adem

Pakai Oil Cooler Super Besar, Suhu Honda Blade Pacuan Kete Jauh Lebih Adem
Honda Blade Pacuan Kete terlihat ada coakan besar di body depan untuk tempat oil cooler

BalapMotor.Net – Ada yang menarik perhatian dari Honda Blade tunggangan Fitriansyah Kete saat turun di Motorprix Surabaya 2017 akhir pekan lalu (17-19/11). Motor dari tim Sidrap Honda Daya KYT Nissin IRC Trijaya yang digarap oleh Haris Sakty alias Mlethiz ini menggunakan oil cooler yang cukup besar.

Oil cooler yang dipasang di depan body motor tersebut besarnya hampir sama dengan radiator motor bebek 150cc. Padahal kita semua tahu kalau oil cooler biasanya berukuran kecil. Saat ditanyai penulis mengenai radiator tersebut, Mlethiz mengatakan kalau barang tersebut adalah spesial order dari Thailand.

penampakan oil coolernya nih, ukurannya hampir 3 kali oil cooler biasa

“Kalau yang ini spesial order dari Thailand mas, jadi cuma ada satu saja.,”ujar Mlethiz saat ditemui penulis saat balapan Motorprix Surabaya yang berlangsung di sirkuit Permanen Gelora Bung Tomo ini.

SSS Racing

Mengenai khasiat dari oil cooler besar tersebut, Mlethiz mengatakan kalau suhu udara normal sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Namun apabila suhu udara cukup tinggi, barulah oil cooler dengan ukuran hampir 4 kali lipat ini jauh lebih dingin dibanding oil cooler standar.

Pakai Oil Cooler Super Besar, Suhu Honda Blade Pacuan Kete Jauh Lebih Adem
Haris Sakty Mlethiz

“Kalau suhu lintasan biasa atau pas mendung tidak terlalu keliatan bedannya. Namun pas suhu udara cukup tinggi barulah terlihat kalau dengan oil cooler ini jauh lebih dingin. Setelah balapan, suhu mesin bisa lebih dingin sekitar 10-15 derajat Celcius dibandingkan dengan oil cooler biasa.”terang Mlethiz.Ada yang mau coba aplikasi oil cooler besar juga ?.| Luvo

GM-helm PARD