Modifikasi F1Z-R Drag Bike: Cukup Pakai Bensin, MCM Kebumen Best Time 8,2 Detik !

Bebek 2T Standar 116cc MCM TB. Bangun Jaya siap DIJUAL ! | foto: Richard

BalapMotor.Net – Sudah melalang buana dikancah balap motor Indonesia, khususnya di ranah mesin 2Tak. Tim MCM Kebumen tentu sudah tidak asing lagi namanya di telinga kita. Di arena drag bike sendiri, tim ini sangat tenar di kelas Bebek 2T Standar 116cc atau kelas “Bebek Goreng”. Kali ini, kita akan membahas tuntas spesifikasi mesin dari kuda besi milik MCM TB. Bangun Jaya.

Motor ini sudah mengalami penggantian rangka sampai tiga kali, namun selama 3 tahun terakhir ini masih menggunakan satu crank case. Ini tentu membuktikan bahwa kerja mesin dapat tetap dimaksimalkan tanpa harus mengorbankan banyak piranti mesin. Joki sekaliber Eko Chodox, Alvan Cebonk, Ricko Bochel, Kiki Kintamani, Dafi Mini tentu sudah pernah merasakan indahnya naik podium bersama motor ini.

Menjadi motor langganan joki papan atas Indonesia | Foto: Richard
Menjadi motor langganan joki papan atas Indonesia | Foto: Richard
LENKA MiniGP SSS Racing

Babah Atong selaku mekanik dibalik nama besar MCM, berhasil mengantarkan motor ini hingga best time 8,2 detik ! Ya, catatan normal di kelas Bebek 2T Standar 116cc adalah berkisar 8,4-8,5 detik. Tidak banyak perubahan drastis dari korekan Babah Atong ini. Stroke yang masih standar, hanya mengalami modifikasi pada area kruk as yang dibuat tipe besar. Piston pun hanya memakai NPP Fiz-R ov.125. Seni korek mesin 2T terletak pada area porting di lubang-lubang bloknya. Untuk lubang buang didesain bentuk trapesium dengan ukuran 25,6mm dan lubang bilas dinaikkan 0,3mm.

Babah Atong mekanik dari MCM Kebumen
Babah Atong mekanik dari MCM Kebumen

“Motor ini tenaganya selalu isi dari bawah sampai atas. Tenaga dari bawah berasal dari hitungan ratio yang sudah kita modif dan untuk putaran atas dibantu oleh durasi lubang buang. Settingan ini sebenarnya untuk bobot joki sekitar 40kg mas”, ungkap Babah Atong yang juga bisa dihubungi di 081328150393 untuk order mesin atau hanya sekedar sharing saja.

Tidak seperti motor drag lainnya yang menganut Bensol sebagai bahan bakar utamanya. Motor ini cukup “minum” Bensin saja ! Ya, squish yang dimodel 17 derajat tentu ikut andil pada angka kompresi yang dipatok di perbandingan 11,8 : 1. Knalpot tentu jangan sampai dilupakan ketika kita bermain di motor 2 langkah. Berperan 30% pada kecepatan motor, knalpot pada motor ini memamfaatkan knalpot standar modif dari B-YOXX Muffler.

“Saya membuka pintu penawaran bagi siapa saja yang berminat membeli motor ini mas. Untuk prestasi dari motor ini tentu sudah jangan diragukan lagi hehe. Untuk yang berminat atau mau tanya-tanya harga, silahkan hubungi saya di 087715490240”, ungkap Ardi selaku empunya motor ini.

Boled (Kiri), Ardi (Owner) dan Kored (Asisten Mekanik) | Foto: Richard
Boled (Kiri), Ardy (Owner) dan Kored (Asisten Mekanik) | Foto: Richard

Ayo ayoo buat balapmania yang berminat menjadi pemilik dari motor ini langsung saja hubungi Ardy. Jika mau membangun dari nol, langsung saja hubungi Babah Atong. Untuk data modifikasi dari kuda besi MCM TB. Bangun Jaya, sudah dirangkumkan di bawah. [ richard ]

Data Modifikasi :
Tim                         : MCM TB. Bangun Jaya
Owner                     : Ardy (087715490240)
Mekanik                  : Babah Atonk (081328150393)
Alamat Bengkel       : Wadaslintang, Prembun, Kebumen, Jawa Tengah.

Blok Mesin MCM TB. Bangun Jaya
Blok Mesin MCM TB. Bangun Jaya

Piston                     : NPP Fiz-R Ov. 125
Squish                    : 17 Derajat
Kompresi                : 11,8 : 1
Lubang Buang         : 25,6mm
Lubang Bilas           : Naik 0,3mm
CDI                        : Standar
Membran                : Standar
Stroke                    : Standar
Kruk As                  : Standar modif tipe besar
Balancer                 : 400 gram
Kampas Kopling      : Suzuki FR
Ratio                      : 1(14/37), 2(16/28), 3(19,25), 4 Standar
Final Gear              : 13/35
Kanlpot                  : Standar modif by B-YOXX Muffler
Bahan Bakar          : Bensin + Oli Samping Motul Double Ester

APRILIA GM-helm VND Racing PARD