Bongkar Rahasia Underbone Tercepat di SCP Padang 2022

Aksi Kalingga di atas Yamaha 125Z Underbone Belando Racing Palembang

BalapMotor.Net – Yamaha 125Z spek Underbone milik pasukan Belando ABRT20 ROB1 RH Kendar VND D4 mampu menjadi Underbone 130cc terkencang pada ronde 2 Sumatera Cup Prix (SCP) 2022 di Padang, Sumatera Barat (26/6).

Ditunggangi Kalingga, motor berkelir kuning tersebut mampu tak tertandingi lawan-lawannya. Ini menguatkan Kalingga untuk bisa mempertahankan gelar juara umum SCP yang sudah diraih pada 2019.

LENKA MiniGP SSS Racing

Membahas mengenai 125Z Underbone tersebut, ternyata mulai diriset oleh Yudi Belando selaku mekanik sejak 2019 dan langsung menghantarkan Kalingga jadi juara umum waktu itu. Motor yang dipersenjatai rantai dan gir dari SSS tersebut sendiri sejak awal memang disetting dan disesuaikan untuk ditunggangi Kalingga.

Kalingga saat selebrasi | Foto : Cuap2 Photography

“Ini saya mulai riset sejak 2019 mas. Untuk settingannya sendiri memang spesial untuk Kalingga, karena dia yang bawa motor ini sejak awal,” ungkap Yudi Belando. Wah ini tentunya yang membuat spesial juga.

Pada ronde pembuka SCP di sirkuit Sabak, Jambi sendiri Kalingga juga mampu tampil apik dengan berhasil menduduki runner up. Dengan karakter yang sangat jauh berbeda antara sirkuit permanen Sabak dengan di Lanud Tabing, Padang, Yudi Belando ternyata tidak banyak merubah settingan motor yang menggunakan velg VND Six Star tersebut.

“Untuk di Padang, kompresi mas yang dirubah, dibuat lebih padat. Sama setting gir aja mas. Ya menyesuaikan trek saja sih,” tambah Yudi yang dibantu riset knalpot oleh ABRT20 ini.

Kedepannya, Yudi Belando sendiri tidak mau tinggal diam meskipun motornya sudah jadi jawara.”Kedepannya ini sedang riset karburator bareng Kendar Karburator,” terang Yudi Belando. Pastinya Kalingga dan Underbone 125Z Belando ABRT20 ROB1 RH Kendar VND D4 wajib terus diwaspadai nih.

Data Modifikasi :

– Piston ART Oz 50
– Stang Piston Standard
– Karburator PWK 28mm Sudco
– Intake Manifold RBT24
– Valve Pakai V-Force 3
– Pengapian dari YZ125
– Knalpot ABRT20
– Velg VND Racing Six Star
– Rantai dan Gir SSS

GM-helm VND Racing PARD